Depoindex.com juara 1 kategori SMB/UMKM DILo Hackathon Festival

id umkm,dilo

Depoindex.com juara 1 kategori SMB/UMKM DILo Hackathon Festival

Tim DILo Hackathon Festival 2020 (HO-Ist)

Yogyakarta (ANTARA) - Depoindex.com meraih juara pertama kategori SMB/UMKM pada DILo Hackathon Festival 2020, dengan produk yang mendigitalkan ekspedisi konvensional yang akan sangat berguna untuk "marketplace" yang sifatnya grosir, yang saat ini belum didukung oleh logistik yang efisien.

"Juara 2 diraih oleh Dkletz, juara 3 diraih tim Durio Joga, dan juara 4 diraih tim Kampung Marketer," kata Vika dari DILo Jogja dalam rilis Awarding Day DILo Hackathon Festival 2020, yang diterima di Yogyakarta, Jumat.

Untuk kategori Agriculture/Fishery,  juara 1 diraih Kodepanda dengan produk yang memberikan solusi dengan membangun sebuah sistem berbasis mobile application dan sms gateway untuk petani dan mitranya. Juara 2 diraih IKMAS, juara 3 Agritech Nusantara, dan juara 4 Agangta.

Selanjutnya kategori Education, juara 1 diraih tim Cotrium dengan produk platform penunjang pendidikan dan pengembangan skill yang dirancang khusus untuk penyandang tunanetra. Juara 2 diraih tim Moro Artos, juara 3 tim Motico, dan juara 4 tim CoderZoomer.
   
Kategori Health, juara 1 jatuh kepada Viktorits dengan produk Internet of Things untuk Memantau Kondisi serta Aktivitas Manula dengan Menggunakan Gateway. Juara 2 diraih tim Ctsope, juara 3 AYD, dan juara 4 tim ALT.

Kategori Smart City, juara 1 diraih Aiable dengan produk platform smart city berorientasi gamification bergenre virtual avatar games yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga terhadap isu perkotaan. Juara 2 diraih Furgetech, juara 3 tim myECO, dan juara 4 tim 4DS.

Kategori AKB Lifestyle, juara 1 jatuh kepada DeTroBot.Vision dengan produk Platform Computer Vision dan Robot Vison berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intellegence system. Juara 2 diraih tim Happy Families, juara 3 Antree, dan juara 4 tim AI Gi.

Seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah, Juara 1 sebesar Rp30.0000.000, juara 2 Rp20.000.000, juara 3 Rp15.000.000, dan juara 4 Rp10.0000.000.

"Tepat hari ini berakhirlah rangkaian kegiatan DILo Hackathon Festival 2020 yang telah dimulai dari pembukaan pendaftaran pada 27 Juli- 9 Agustus 2020. Peserta kemudian diseleksi dalam On-Desk Selection pada 10-12 Agustus 2020 sehingga terpilih 60 tim yang masuk tahap Hacking Time pada 15 Agustus-3 September 2020," katanya.

Selanjutnya, produk yang dihasilkan dipresentasikan dan dinilai oleh para juri dalam Initial Pitching pada 8-9 September 2020, dan terpilih 36 tim yang lolos ke tahap akhir yaitu Final Pitching yang telah dilaksanakan pada 15 September 2020.

Untuk meresmikan berakhirnya kegiatan ini, dilaksanakan Awarding Day DILo Hackathon Festival 2020 secara online melalui platform CloudX. Acara ini dilaksanakan untuk mengumumkan pemenang kompetisi DILo Hackathon Festival 2002, sekaligus sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Acara dihadiri oleh Fajrin Rasyid (Director of Digital Business Telkom Group), Asli Brahmana (OVP Group Digital Strategy Telkom), Dinoor Susatijo (Senior Manager Indigo Management), serta seluruh tim juri, peserta, dan management DILo.

Asli Brahmana mengharapkan inovasi yang tercipta di kompetisi ini dapat terus berkembang agar ekosistem digital di Indonesia semakin maju. "Sebagai sebuah innovator dan talent digital, teman-teman diharapkan selalu keep up untuk terus membuat inovasi baru," katanya.

Fajrin Rasyid mengatakan mengharapkan solusi yang bermunculan dalam kompetisi ini dapat diimplementasikan dalam jangka panjang. Meskipun sebuah aplikasi dalam realitanya sangat berisiko, banyak aplikasi yang berkembang dan banyak juga yang gagal.

"Namun apabila kegagalan itu terjadi, jangan berkecil hati. Yang penting, kita semua harus belajar dari kegagalan tersebut agar ke depan kita dapat mencegah dan menimimalisir kegagalan di aplikasi ataupun solusi digital yang sedang kita kembangkan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024