BPBD Sleman lakukan tes COVID-19 petugas-relawan di Posko Utama Merapi

id BPBD Sleman ,Swab antigen ,Darurat bencana Merapi ,Tanggap darurat Merapi ,Erupsi gunung Merapi

BPBD Sleman lakukan tes COVID-19 petugas-relawan di Posko Utama Merapi

Petugas dan relawan di Posko Utama BPBD Sleman di Pakem yang terlibat dalam penanganan tanggap darurat bencana erupsi Merapi menjalani tes swab antigen COVID-19 untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di barak pengungsian. Foto Antara/HO-BPBD Sleman

Petugas dan relawan ini yang terjun menangani pengungsi yang ada di barak pengungsian Glagaharjo, jadi mereka harus dipastikan negatif COVID-19 ...
Sleman (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan tes COVID-19 kepada 96 petugas dan relawan Posko Utama BPBD Sleman di Pakem untuk mencegah penyebaran COVID-19 dalam penanganan bencana erupsi Gunung Merapi.

"Swab antigen bagi petugas dan relawan di Posko Utama Pakem ini kani lakukan kemarin (Rabu 2/12). Dari 96 petugas dan relawan yang dites, semuanya hasilnya negatif," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Kamis.

Menurut dia, tes swap a tigen ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman untuk memastikan seluruh petugas dan relawan yang terlibat dalam penanganan tanggap darurat bencana erupsi Merapi tidak terinfeksi COVID-19.

"Petugas dan relawan ini yang terjun menangani pengungsi yang ada di barak pengungsian Glagaharjo, jadi mereka harus dipastikan negatif COVID-19 agar tidak terjadi penularan di barak pengungsian," katanya.

Baca juga: Kasus COVID-19 Sleman melonjak

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Joko Supriyanto mengatakan, pihaknya mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa 2.500 unit swab antigen.

"Dalam kunjungan Kepala BNPB ke barak pengungsian Glagaharjo beberapa waktu lalu, kami mendapat bantuan 2.500 swab antigen. Swab Antigen ini untuk tes cepat petugas dan relawan yang bertugas dalam penanganan tanggap darurat bencana erupsi Merapi," katanya.

Ia mengatakan selain untuk petugas dan relawan, swab antigen ini juga untuk tes cepat jika ada tamu atau kunjungan pihak terkait ke barak pengungsian Glagaharjo.

"Misalnya seperti kemarin kunjungan Kepala BNPB, atau kunjungan Komisi VIII DPR RI, semua yang datang harus dilakukan swab antigen," katanya.

Baca juga: Sleman memperpanjang tanggap darurat bencana Merapi dan COVID-19

Ia mengatakan, bantuan swab antigen dari BNPB tersebut seluruhnya diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman untuk pengelolaannya.

"Semua diserahkan ke Dinkes Sleman, karena baik teknis maupun prosedurnya, dinkes yang lebih paham. Jika kami membutuhkan swab antigen tinggal koordinasi dengan Dinkes Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024