Wabup: Harga bahan pokok di Sleman stabil menjelang Ramadhan

id Wabup Sleman ,Harga kebutuhan pokok ,Pasar gamping ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Wabup: Harga bahan pokok di Sleman stabil menjelang Ramadhan

Wabup Sleman Danang Maharsa bersama TPID melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Gamping. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meninjau Pasar Gaming, Sleman untuk memastikan ketersediaan komoditas bahan pokok menjelang Ramadhan 2021.
 
"Dari hasil pemantauan di Pasar Gamping, ketersediaan bahan pokok maupun harga bahan pokok saat ini relatif stabil. Hanya ada beberapa yang mengalami kenaikan seperti cabai," kata Danang Maharsa.

Peninjauan ketersediaan bahan pokok dilakukan di Pasar Gamping karena merupakan salah satu pasar yang masuk dalam kategori pasar besar yang ada di Sleman.

Danang Maharsa bersama rombongan mendatangi sejumlah pedagang yang menjual sembako dan kebutuhan pokok lainnya untuk mendapatkan informasi langsung mengenai ketersediaan dan harga bahan pokok.

"Dari informasi para pedagang yang menjadi permasalahan saat ini yaitu permintaan masyarakat yang mengalami penurunan mencapai 30 sampai 50 persen," katanya.

Banyak penyebab penurunan permintaan masyarakat terhadap bahan pokok, seperti aktivitas masyarakat yang berkurang seperti rumah makan belum buka semuanya dan banyak faktor lainnya.

"Untuk komoditas tertentu seperti cabai yang mengalami kenaikan harga, karena dipengaruhi hasil petani yang belum stabil dikarenakan cuaca yang tidak menentu sehingga harga cabai belum stabil," katanya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tri Saktiyana menuturkan  hasil peninjauan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Gamping Sleman memiliki kesamaan dengan hasil peninjauan di wilayah Bantul yaitu adanya ketidak stabilan harga pada komoditas cabai rawit merah.

"Dari peninjauan (Pasar Gamping) hampir sama dengan yang ada di Bantul. Yang masih bergejolak itu harga cabai rawit merah. Namun hari ini sudah mulai turun. Kemarin saya lihat masih di harga Rp110.000 per kilogram (kg) tetapi saya mendapatkan harga Rp100.000 per kg. Sudah mulai menurun sedikit," katanya.

Pasar Gamping bisa menjadi salah satu tolak ukur dari ketersediaan dan harga bahan pokok saat ini dikarenakan letaknya yang strategis yaitu berdekatan dengan perbatasan Sleman, Bantul dan juga Kota Yogyakarta.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024