Sleman membagikan paket sembako bagi sentra industri terdampak COVID-19

id Kabupaten Sleman ,Pemkab Sleman ,Bantuan paket sembako ,Sleman ,Sentra industri Sleman

Sleman membagikan paket sembako bagi sentra industri terdampak COVID-19

Pembagian bantuan paket sembako bagi perajin tujuh sentra industri di Kabupaten Sleman.

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta, Selasa menggelar kegiatan "Kampung Tangguh" di Pendopo Dusun Sejati Deso, Sumberarum, Moyudan, berupa pembagian paket sembako kepada tujuh sentra industri yang terkena dampak COVID-19.

Pembagian sebanyak 450 paket sembako itu merupakan kerja sama Pemkab Sleman dengan Indomaret dan Nestle Batita dalam program CSR "Kampung Tangguh".

Bupati Sleman Sri Purnomo, dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Arip Pramana menyampaikan ucapkan terima kasih kepada PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta yang telah menyelenggarakan kegiatan pembagian bantuan sembako dalam program "Kampung Tangguh Indomaret" ini.

"Kegiatan ini tentunya adalah wujud dari kepekaan sosial kita bersama dalam membantu sesama," katanya.

Menurut dia, dengan adanya bantuan dan kegiatan ini semoga dapat mengurangi dampak COVID-19 pada ekonomi masyarakat rentan miskin dan dapat mempercepat program pengentasan kemiskinan dengan mewujudkan kampung yang tangguh.

"Kepedulian ini dapat menjadi sebuah gerakan yang nantinya bisa menggerakkan sumber-sumber lain yang tidak hanya berasal dari PT Indomarco Prismatama saja," katanya.

Ia mengatakan, sejak pandemi COVID-19 pada 2020 dan sampai saat ini belum usai, berbagai dampak dirasakan bersama baik itu di sektor kesehatan maupun sektor ekonomi. Berbagai sektor usaha mengalami kemerosotan dengan adanya pandemi COVID-19 tak terkecuali juga menimpa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sleman.

"Kegiatan ini diharapkan ada kerja sama yang baik dari berbagai sektor usaha di Sleman untuk bahu membahu membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Sleman," katanya.

Arip mengatakan PT Indomarco Prismatama dapat merangkul semakin banyak UMKM untuk memasarkan produknya di gerai-gerai yang ada di Sleman.

"Bahkan harapan besar Pemkab Sleman nantinya dapat diperluas lagi sehingga produk-produk UMKM Sleman dapat mensuplai di seluruh gerai Indomart di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, masuknya produk UMKM Sleman ke toko modern ini tentu akan dapat membantu pemasaran produk-produk asli Sleman sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Selain dari sisi pemasaran, masuknya produk UMKM ke toko modern menjadi pembelajaran bagi UMKM agar produk-produknya lebih berkualitas dan terstandar sehingga semakin meningkatkan daya saing produk-produk UMKM Sleman," katanya.

Sementara tujuh sentra industri di Sleman yang mendapatkan bantuan, yakni Sentra Industri tenun ATBM Sumberarum Moyudan, Sentra Anyaman Bambu Sendangmulyo Minggir, Sentra Anyaman Bambu Sendangarum Minggir, Sentra Kerai Bambu Sidomoyo, Sentra Kuningan Sidokarto dan Sentra Jadah Tempe Kaliurang.

Branch Manager Indomaret Cabang Yogyakarta Suharsan mengatakan bantuan paket sembako yang dibagikan berisi satu sak Beras Ramos 5 kg, satu minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kg, lima Indomi goreng Instan, satu box teh celup, satu box Susu Nestle Batita, dan satu Lunch box Nestle.

"Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian dari perusahaan dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak di masa pandemi COVID-19," katanya.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantua dua wastafel Portabel untuk warga Sejati Deso.

Bantuan diserahkan oleh Suharsan selaku Branch Manager Indomaret cabang Yogyakarta dan diterima Staf Ahli Bupati Sleman Bidang Ekonomi Pembangunan Arip Pramana disaksikan Kepala Disperindag Sleman Mae Rusmi Suryaningsih MT dan Camat Moyudan Arifin.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024