Bupati Sleman mengajak masyarakat rutin olahraga cegah penyakit degeneratif

id Bupati Sleman Kustini ,HUT Bank Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman mengajak masyarakat rutin olahraga cegah penyakit degeneratif

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat melepas start Fun Bike Gowes Guyub Sehat (GGS) dalam rangka HUT Bank Sleman, Sabtu 27 November 2021. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat untuk dapat secara rutin berolahraga untuk mengantisipasi penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung dan lainnya.

"Jangan sampai terjadi hanya karena kita malas berolah raga kita lantas dihinggapi penyakit degeneratif, seperti diabetes melitus, stroke, jantung koroner, obesitas, osteoporosis dan sebagainya," kata Kustini pada fun bike Gowes Guyub Sehat (GGS) dalam rangka HUT Bank Sleman, Sabtu.

Menurut dia, penyelenggaraan kegiatan fun bike ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran masyarakat Sleman.

Ia berharap kegiatan bersepeda dapat kita jadikan aktivitas olah raga rutin, agar tubuh tetap bugar dan sehat.

"Karena hanya dengan tubuh yang sehat dan bugar kita dapat bekerja dan berkarya dengan sebaik mungkin demi Kabupaten Sleman yang lebih maju," katanya.

Ia mengatakan, bersepeda termasuk jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

"Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah pun menurun sehingga bersepeda sangat baik untuk mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu bersepeda secara rutin dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja imun, dan meningkatkan energi dan metabolisme tubuh," katanya.

Kustini mengatakan, penyakit degeneratif sebenarnya dapat diantisipasi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan menyeimbangkan antara pola makan dan berolah raga secara rutin.

"Berkenaan dengan hal tersebut marilah sejak saat ini kita mulai untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolah raga secara rutin," katanya.

Dalam acara tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga berharap dalam usianya yang ke 40, Bank Sleman diharapkan mampu menjadi mitra warga Sleman dalam mengembangkan perekonomian.

Direktur Utama Bank Sleman Muhammad Sigit mengatakan bahwa fun bike ini diikuti oleh keluarga besar Bank Sleman dan seluruh Kepala OPD di jajaran Pemkab Sleman.

"Penyelenggaraannya pun menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman," katanya.

Menurut dia, sebelumnya pihaknya telah menyelenggarakan serangkaian acara peringatan HUT Bank Sleman ke 40 yaitu bantuan kredit tanpa bunga, bantuan gerobak, beasiswa pelajar kurang mampu dan donor darah.

"Saat ini kami terus melakukan transformasi, mohon doanya dengan semakin bertambahnya usia, Bank Sleman dapat semakin memberikan pelayanan terbaiknya pada masyarakat Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022