Vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia digiatkan di Kulon Progo

id vaksinasi kulon progo,vaksinasi covid,penanggulangan covid

Vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia digiatkan di Kulon Progo

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga lansia dalam pelayanan vaksinasi di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menggiatkan penyelenggaraan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas di Kabupaten Kulon Progo.

Koordinator Vaksinasi COVID-19 Badan Intelijen Negara Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta di Kecamatan Panjatan Muhammad Iqbal mengatakan bahwa pada Selasa pelayanan vaksinasi bagi warga lansia dan penyandang disabilitas dipusatkan di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan.

"Krembangan dipilih karena capaian vaksinasinya masih kurang dan masuk daerah rawan bencana, baik banjir di sisi selatan dan angin kencang hingga kebakaran. Sementara kondisi geografisnya juga kurang mendukung, menyulitkan lansia untuk mengakses fasilitas kesehatan," kata Iqbal.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan di Desa Krembangan pada Selasa ditargetkan bisa menjangkau 200 warga.

Menurut perangkat Desa Krembangan, Wahudi, masih ada warga di desanya yang tidak bersedia menjalani vaksinasi COVID-19, karenanya pemerintah desa bersama dengan tokoh masyarakat menggiatkan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman warga mengenai pentingnya vaksinasi.

Selain di Krembangan, pelayanan vaksinasi juga diselenggarakan di Balai Desa Temon Kulon dengan target 100 orang. 

Iqbal mengatakan, Badan Intelijen Negara Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengintensifkan pelayanan vaksinasi COVID-19 dari rumah dan ke rumah bagi warga lansia dan penyandang disabilitas.

Selain untuk mendekatkan pelayanan vaksinasi ke masyarakat, ia menjelaskan, pelayanan dari rumah ke rumah ditujukan untuk mengetahui kendala pelaksanaan vaksinasi di lapangan.

Jumlah warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo sebanyak total 342.720 orang. Sasaran yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama tercatat 86,4 persen dan target yang sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap sebanyak 75,3 persen.

"Kami mendukung upaya Pemkab Kulon Progo mencapai target vaksinasi 100 persen dari total 342.720 sasaran," kata Iqbal.

Iqbal juga mengingatkan masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru.