Wakil Bupati: Ancaman bagi bangsa semakin beragam di era globalisasi

id Wakil bupati Sleman ,Wabup Sleman Danang ,Kesbangpol Sleman ,Bela negara ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Wakil Bupati: Ancaman bagi bangsa semakin beragam di era globalisasi

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat menjadi pembicara pada webinar Bela Negara yang diikuti sejumlah pelajar baik secara luring maupun daring. Foto ANTARA/HO-Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa menyebut, meskipun bangsa ini telah merdeka, ancaman bagi bangsa di era globalisasi dewasa ini semakin beragam seiring adanya perkembangan teknologi.

"Ancaman di era saat ini lebih beragam dan mudah didapatkan seiring perkembangan teknologi. Seperti halnya banyak berita hoaks yang beredar dan dapat diakses dengan mudah melalui gadget yang mungkin saat ini semua orang memilikinya," kata Danang pada webinar Bela Negara yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman, Rabu.

Ia mengatakan penyelenggaraan webinar mengenai bela negara merupakan salah satu hal yang penting terlebih bagi peserta didik.

"Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era saat ini dapat menjadi ancaman jika tidak disikapi dengan bijaksana," katanya.

Menurut dia, menjadi tugas bersama baik pemerintah maupun masyarakat untuk meminimalisir adanya dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi, terlebih bagi peserta didik.

Selain perkembangan teknologi informasi, Danang juga menyoroti adanya pandemi COVID-19 yang dapat menjadi ancaman bagi bangsa terkait kesehatan.

"Ancaman lain bagi bangsa kaitannya dengan kesehatan saat ini yaitu adanya pandemi COVID-19 dimana kita semua dituntut untuk kerja sama untuk menanggulangi ancaman tersebut," katanya.

Dalam rangka menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi pelajar, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badam Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman selenggarakan webinar Bela Negara.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Hery Sutopo mengatakan kegiatan yang mengusung tema "Upaya Menumbuhkembangkan Semangat Bela Negara bagi Peserta Didik" ini diikuti sebanyak 30 peserta secara luring dan 300 peserta secara daring.

"Penyelenggaraan kegiatan ini secara daring maupun luring dan menyasar kepada peserta didik dengan harapan memupuk kembangkan semangat bela negara peserta didik," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024