Disdikpora Bantul tingkatkan kapasitas guru dalam pendidikan karakter melalui festival wayang

id Festival wayang

Disdikpora Bantul tingkatkan kapasitas guru dalam pendidikan karakter melalui festival wayang

Festival Wayang Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini untuk TK Negeri se-Kabupaten Bantul, di Bantul, DIY, Rabu (15/12/2021) (Foto ANTARA/HO/Humas Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Festival Wayang Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini guna meningkatkan kapasitas tenaga pendidik taman kanak-kanak dalam pendidikan karakter kepada anak didik.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kreativitas pendidik TK khususnya TK Negeri di Bantul dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui wayang dan gamelan," kata Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko di sela membuka festival wayang di Bantul, Rabu.

Menurut dia, festival wayang pendidikan karakter dengan tema "Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Wayang dan Gamelan" tersebut diikuti para peserta yang merupakan guru atau pendidik dari tujuh TK Negeri se-Kabupaten Bantul.

Dalam festival akan diambil beberapa penyaji terbaik, yaitu penyaji terbaik umum, penyaji terbaik kategori ucapan, penyaji terbaik kategori tindakan, penyaji terbaik kategori peragaan wayang, penyaji terbaik kategori bernarasi, penyaji terbaik kategori ide karakter, dan penyaji terbaik kategori teknis penyampaian.

"Dasar kegiatan adalah Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, Peraturan Mendikbud Nomor 137 Tahun 2021 tentang Standar Nasional PAUD, dan Peraturan Gubernur DIY Nomor 6 Tahun 2013 tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya," katanya.

Menurut dia, pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini merupakan suatu hal yang bersifat global, dan menanamkan nilai-nilai kebaikan supaya dapat menjadi kebiasaan tentang berbagai perilaku yang baik, sehingga anak memiliki kesadaran dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, kata dia, upaya untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan berbagai pihak, salah satunya peran pendidik PAUD untuk menggalakkan nilai-nilai pendidikan karakter, pendidik PAUD juga dapat mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter di setiap aktivitas pembelajarannya

Salah satu cara efektif untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini dapat dilakukan melalui bercerita dengan peraga wayang dan gamelan.

"Penggunaan peraga wayang dan gamelan dalam bercerita menjadi metode yang dapat membangun karakter jati diri yang tergambar melalui watak dan tokoh dalam cerita, anak usia dini akan terinspirasi dengan tokoh-tokoh yang baik dalam cerita," katanya.

Selain itu, kata dia, penggunaan peraga wayang dan gamelan akan menumbuhkan minat belajar anak dalam suasana yang menyenangkan.

"Melalui peraga wayang dan gamelan anak-anak diajarkan berfikir secara komprehensif, sehingga anak dapat belajar tanpa menyadari bahwa dirinya sedang belajar, metode belajar dengan permainan yang memiliki nilai-nilai edukasi tidak akan membuat anak merasa bosan dan terbebani dalam belajar," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024