Wabup Sleman dan GKR Hemas menghadiri Sedekah Bumi Sombomerti

id Wabup Sleman Danang ,GKR Hemas ,DPD RI,Sendang Sombomerti ,Maguwoharjo Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Wabup Sleman dan GKR Hemas menghadiri Sedekah Bumi Sombomerti

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan GKR Hemas hadiri acara "Sedekah Bumi Sombomerti" di Sendang Sombomerti, Demangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Minggu (20/2). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa beserta jajaran mendampingi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) GKR Hemas pada acara Sedekah Bumi Sombomerti di Sendang Sombomerti, Dusun Demangan, Maguwoharjo, Sleman, Minggu.

Kehadiran GKR Hemas tersebut juga dalam rangka kunjungan kerja reses DPD RI.

Kunjungan diawali dengan meninjau Sendang Sombomerti oleh GKR Hemas didampingi Wakil Bupati Sleman beserta seluruh tamu undangan.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi "ngiling toya kendhi" atau penuangan air ke dalam sendang oleh GKR Hemas sebagai rangkaian sedekah bumi.

Selanjutnya, GKR Hemas dan Wakil Bupati Sleman juga melakukan penanaman bibit pohon gaharu di lokasi tersebut.

GKR Hemas juga berkesempatan meninjau produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari masyarakat Kelurahan Maguwoharjo yang dipamerkan di tempat tersebut.

Setelah kegiatan sedekah bumi selesai, lalu dilanjutkan dengan acara inti, yakni diskusi dalam rangka menampung aspirasi masyarakat.

GKR Hemas mengapresiasi masyarakat setempat yang telah dapat mengelola Sendang Sombomerti dengan baik. Namun, guna mengembangkan kegiatan pariwisata di tempat tersebut, menurutnya ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan.

"Jogja sebagai kota pelajar, tentunya di sini bisa dikembangkan wisata edukasi," katanya.

Menurut GKR Hemas, di antara yang bisa dikembangkan di Sendang Sombomerti yakni wisata edukasi terkait pemanfaatan air dan budi daya ikan, baik ikan untuk konsumsi atau pun ikan hias.

"Selain itu juga dapat diberikan edukasi lainnya seperti pelestarian alam dan edukasi sejarah," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan terima kasih karena Kelurahan Maguwoharjo telah dipilih sebagai lokasi kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat.

Ia berharap dengan kedatangan GKR Hemas ini dapat memotivasi Pemerintah Kabupaten Sleman serta masyarakat untuk lebih optimal lagi dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Sleman, khususnya di Sendang Sombomerti tersebut.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024