18.467 KPM di Kulon Progo telah terima BPNT termin pertama

id BPNT,kantor pos,keluarga penerima manfaat,Kulon Progo

18.467 KPM di Kulon Progo telah terima BPNT termin pertama

Keluarga penerima manfaat di Kabupaten Kulon Progo mengambil bantuan pangan non tunai melalui kantor pos terdekat. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Sebanyak 18.467 atau 82,06 persen dari 21.274 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menerima bantuan pangan
nontunai termin pertama 2022 yang disalurkan melalui kantor Pos.

"Keluarga penerima manfaat (KPM) yang belum menerima bantuan pangan non tunai (BPNT) masih dilanjutkan. Kemudian, penyaluran BPNT juga akan dilanjutkan pada termin kedua dan ketiga dengan sasaran sampai 45 ribu KPM," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulon Progo Irianta di Kulon Progo, Senin.

Ia mengatakan syarat pencarian BPNT dari anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) yang disalurkan melalui kantor pos, yakni KPM wajib menunjukkan kartu keluarga (KK) dan undangan. Penyaluran BPNT tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

"Sebelumnya, bantuan diberikan lewat e-Warong. Kemudian dibelanjakan komoditas pangan. Namun tahun ini disalurkan melalui kantor pos kecamatan dan berupa uang tunai," katanya.

Lebih lanjut, Irianta mengatakan Pemkab Kulon Progo juga menganggarkan BPNT yang dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebanyak 4.400 KPM yang disalurkan pada Januari dan Februari 2022 ini. Kriteria KPM yang menerima bantuan ini, mereka yang belum mendapatkan BPNT dari APBN

"Penyaluran dilakukan melalui e-Warong yang bisa dibelanjakan komoditas pangan," katanya.