Fakultas Pertanian harus motivasi petani produksi Krisan

id Krisan

Fakultas Pertanian harus motivasi petani produksi Krisan

Kota Tomohon Wenny Lumentut (kedua kiri) membuka Acara Dies Natalis Fakultas Pertanian ke-62 Universitas Sam Ratulangi yang dirangkaikan dengan kegiatan Temu Wicara dengan Kelompok Tani Krisan. ANTARA/HO-HUMAS (1)

Tomohon (ANTARA) - Wakil Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Wenny Lumentut mengharapkan kehadiran Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado mampu memotivasi petani di wilayah tersebut meningkatkan produksi tanaman bunga Krisan.

"Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi masyarakat, Universitas Sam Ratulangi sudah banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu sumber daya manusia," kata Wenny di Tomohon, Kamis.

Ia mengatakan kehadiran universitas ini sekaligus juga memberikan penguatan bagi komponen-komponen masyarakat di bidangnya masing-masing.

Saat ini tim Fakultas Pertanian, hadir di Kota Tomohon sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung peningkatan kelompok tani, khususnya petani Krisan.

"Kita menyadari bersama bahwa eksistensi petani Krisan di Kota Tomohon adalah salah satu pilar perputaran ekonomi dan pendukung suksesnya pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) dari tahun ke tahun," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, kehadiran tim akan menambah ilmu serta memberi semangat dan motivasi bagi para petani di Kota Tomohon mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas produksi pertanian dan wawasan pemasaran yang handal.

"Saya yakin dengan usaha dan kerja keras kita bersama, kita akan mampu hadir di tengah-tengah persaingan ekonomi dunia saat ini," katanya.

Wawali menambahkan pemerintah daerah bangga karena peran para kelompok tani di Kota Tomohon telah berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Melalui florikultura, Tomohon jadi dikenal luas sehingga masyarakat diajak mendukung dan menyukseskan program dan kegiatan pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Bersyukur kita diberi tanah yang subur, udara yang sejuk serta kehadiran para petani yang memanfaatkannya. Saya percaya dengan segala berkat Tuhan atas Kota Tomohon kita mampu mengembangkan segala potensi, berinovasi dan berdaya saing tinggi untuk ikut dalam perputaran ekonomi," katanya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut membuka Acara Dies Natalis Fakultas Pertanian ke-62 Universitas Sam Ratulangi yang dirangkaikan dengan kegiatan Temu Wicara dengan Kelompok Tani Krisan pada Rabu malam (25/5).
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024