Final Hackathon jadi stimulan mahasiswa dukung Indonesia melek teknologi

id hackathon,teknologi

Final Hackathon jadi stimulan mahasiswa dukung Indonesia melek teknologi

Final lomba Hackathon 2022 Sahabat Ganjar (ANTARA/HO-SGH)

Yogyakarta (ANTARA) - Final lomba Hackathon 2022 yang digelar Sahabat Ganjar diharapkan dapat menjadi stimulan bagi mahasiswa untuk mendukung Indonesia melek teknologi.

Final Hackathon dengan tema "Building and Empowering Indonesia: Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Indonesia melalui App yang Inovatif" ini dilaksanakan di Sahid Jaya Hotel Yogyakarta, Sabtu.

Siaran pers menyebutkan perjalanan lomba ini dimulai dengan proses pendaftaran online kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan proposal, pengumuman hasil seleksi dan ditutup dengan babak final yang berlangsung di Yogyakarta.

Event kreatif ini ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan tujuan menggali peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia melalui mobile app yang inovatif. Event ini juga sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan soft skill, literasi teknologi, dan prestasi pada revolusi industri 4.0.

Menyadari pentingnya peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia melalui mobile app, Sahabat Ganjar memberikan ruang kompetisi untuk seluruh mahasiswa di DIY.

Lantunan lagu Indonesia Raya dan Mars SAGA menjadi pembuka dalam kegiatan Hackathon 2022. Sambutan diberikan oleh Arya Yudha selaku Dewan Perwakilan Wilayah Yogyakarta.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi stimulan bagi para mahasiswa se-DIY, agar dapat lebih giat dalam menuntut ilmu dan meningkatkan soft skills untuk masa depan," kata Arya Yudha.

Dalam event Hackathon ini juga dilaksanakan kegiatan seminar yang mengusung tema "Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Indonesia melalui Mobile App yang Inovatif”. Seminar ini diisi oleh Ray Rezky Ananda selaku CEO Bantu Ternak, Regional Officer 1000 Startup Yogyakarta dan Alif Fatullah selaku CEO Weslic Indonesia Neotech.

Hadiah yang disiapkan oleh panitia Sahabat Ganjar mencapai Rp22.500.000 serta Macbook Pro, laptop, piala, dan juga sertifikat. Hal ini membuat motivasi dan antusias peserta semakin tinggi.

"Kegiatan ini menurut kami bagus dan sangat memberikan peluang kepada kaum muda untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka. Kami berharap dengan kegiatan ini, kami dapat mengembangkan startup dan aplikasi yang kami buat dengan semaksimal mungkin," ujar Fadhilah Rizki Fatoni, peserta lomba yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Para peserta mengapresiasi kegiatan Sahabat Ganjar ini. Kegiatan ditutup dengan pengumuman hasil pemenang dan sesi foto bersama seluruh peserta lomba Hackathon 2022 se-DIY.