Sleman sosialisasi Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah Mandiri

id Mengelola Sampah Mandiri ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Sleman sosialisasi Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah Mandiri

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo sosialisasikan Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah Mandiri di Klakah, Berbah. Foto ANTARA/HO-Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan sosialisasi dan kampanye Gerakan Masyarakat Mengelola Sampah Mandiri.

Sosialisasi dan kampanye perdana tersebut dilaksanakan di Padukuhan Klakah, Kelurahan Sendangtirto, Kapanewon (Kecamatan) Berbah, Senin.

Kegiatan sosialisasi dan kampanye tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam merealisasikan kebijakan yang tercantum dalam Surat Edaran Bupati Sleman tentang gerakan pilah sampah dari rumah.



Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo hadir dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tergabung dalam Forum Lingkungan Hidup.

Kustini mengatakan sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Mengolah Sampah Mandiri akan dilaksanakan di seluruh kapanewon di Kabupaten Sleman secara maraton hingga pertengahan Juni 2022.

"Sosialisasi dan kampanye akan dilaksanakan di 17 kapanewon dan Kapanewon Berbah menjadi lokasi pertama kegiatan sosialisasi dan kampanye ini," katanya.

Ia berharap sosialisasi dan kampanye tersebut dapat diikuti mulai dari lurah, pamong/dukuh, kader PKK, pegiat sampah, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, sehingga terbentuk pemahaman bersama tentang pentingnya permasalahan pengelolaan sampah secara mandiri di masyarakat.

"Pemkab Sleman akan terus berupaya dalam pengelolaan sampah di wilayah ini. Upaya tersebut, di antaranya mengoptimalkan pengolahan sampah di 13 transfer depo dan 23 TPS 3R dengan memilah sampah organik dan anorganik melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman," katanya.



Menurut dia, Pemkab Sleman juga tengah mempersiapkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di daerah Sleman Barat, Sleman Tengah, Sleman Timur, dan Sleman Utara.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berkesempatan membuka secara resmi Omah Eco Enzyme yang merupakan tempat pengolahan sampah yang dikelola oleh masyarakat Padukuhan Klakah.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024