IGC menghadirkan narasi baru Candi Borobudur melalui makanan

id Gastronomi, makanan, Candi Borobudur

IGC menghadirkan narasi baru Candi Borobudur melalui makanan

Konferensi pers dan pembukaan Pop-Up Museum yang mengangkat tema Gastronosia: Dari Borobudur untuk Indonesia di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (27/6/2022) (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Indonesian Gastronomy Community (IGC) hadirkan narasi baru Candi Borobudur melalui Pop-Up Museum yang mengangkat tema Gastronosia: Dari Borobudur untuk Indonesia.

"Melalui pameran ini, kami menghadirkan narasi baru Candi Borobudur. Selama ini, Candi Borobudur identik dengan bangunan megah tapi sekarang ada narasi baru yakni melalui gastronomi," ujar Ketua IGC Ria Musiawan, di Jakarta, Senin.

Pameran dengan gaya Pop-Up tersebut menghadirkan kuliner asli Mataram Kuno tepatnya abad 8 Masehi hingga 10 Masehi. Kuliner tersebut merupakan hasil rekonstruksi dari relief Candi Borobudur.

"Ini memunculkan pengetahuan baru bahwa Indonesia juga memiliki masakan asli yang tentunya lebih sehat," kata dia.

Pop-Up Museum tersebut diselenggarakan di sejumlah museum di Tanah Air, yakni Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar.

Pop up museum pertama diselenggarakan di Museum Nasional dari 27 Juni hingga 2 Juli 2022. Sementara untuk umum akan dibuka mulai 28 Juni pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024