Polisi borgol pelaku penipuan LGBT

id LGBT,penipuan,Polsek Senen

Polisi borgol pelaku penipuan LGBT

Kanit Reskrim Polsek Senen AKP Danang saat ditemui di Kantor Polsek Senen, Jakarta Pusat, Selasa (12/7/2022) (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Polsek Senen menangkap lima pelaku sindikat penipuan terhadap korban LGBT melalui aplikasi kencan dengan kasus di wilayah Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Senen AKP Danang menjelaskan, lima pelaku, yakni ER (18), RF (21), AA (20), ES (24) dan MAR (16) yang masih di bawah umur.

"Modus operandi dari tindakan penipuan tersebut adalah korban yang ditarget LGBT khususnya pria gay melalui sebuah aplikasi kencan," kata Danang kepada wartawan di Polsek Senen, Jakarta Pusat, Selasa.

Danang mengatakan, para pelaku melakukan penipuan dengan mengambil telepon seluler korban.

Kelima pelaku memiliki perannya masing-masing. MAR mencari korban melalui aplikasi dengan melakukan percakapan (chatting) 
dengan korban terlebih dahulu untuk diajak kencan (BO).

MAR kemudian mengajak korban bertemu dengan lokasi jemput yang sudah disiapkan oleh RF.

"RF itu mengatur penjemputan dan atur lokasi pertemuan. Jadi mereka satu kelompok, lalu untuk AA penyedia fasilitas kendaraan," kata Danang.

Modusnya, MAR setelah bertemu dengan korban mengajak berjalan-jalan terlebih dahulu di sekitar TKP. Setelah berkeliling, pelaku kemudian meminjam ponsel korban.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024