Dinkes Sleman gencarkan sosialisasi vaksinasi booster

id Dinkee Sleman ,Dinas Kesehatan Sleman ,Vaksinasi booster Sleman ,Vaksinasi Covid-19 Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Dinkes Sleman gencarkan sosialisasi vaksinasi booster

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk segera mengikuti vaksinasi booster karena saat ini capaian vaksinasi dosis lanjutan di Sleman baru mencapai 40 persen.

"Sosialisasi dilakukan untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dan meningkatkan prosentase vaksinasi booster di Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama di Sleman, Selasa.

Menurut dia, hingga saat ini capaian vaksinasi booster Kabupaten Sleman berada di angka sekitar 40 persen, sedangkan target yang diberikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ialah 50 persen.

"Sehingga sosialisasi vaksinasi booster perlu digencarkan untuk menekan penyebaran virus yang sempat mengalami kenaikan di Kabupaten Sleman akhir-akhir ini," katanya.

Cahya mengatakan, untuk capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sleman hingga saat ini dari sasaran sebanyak 974.317, untuk dosis 1 mencapai 989.010 atau 101 persen, dosis 2 sebanyak 915.025 atau 93,9 persen dan untuk dosis 3 atau booster sebanyak 359.512 atau 40,93 persen.

"Saat ini PPKM Sleman masih berada di level 1, meski efek dari varian kali ini tidak seberat sebelumnya, namun penyebarannya begitu cepat. Sehingga dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk berkoordinasi dengan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster ini," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan bahwa antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster tidak setinggi antusias pada vaksinasi tingkat pertama dan kedua.

"Sehingga Pemkab Sleman melakukan upaya jemput bola dengan kembali melakukan kegiatan vaksinasi serentak di kelurahan," katanya.

Menurut dia, dengan adanya sentra vaksinasi di kelurahan, diharapkan masyarakat lebih mudah dan lebih dekat untuk mengakses vaksin booster.

"Dengan demikian diharapkan akan tampak peningkatan capaian vaksinasi di Kabupaten Sleman pada dua bulan berikutnya," katanya.

Ia berharap dengan adanya vaksinasi booster di kelurahan pada dua bulan ke depan, capaian vaksinasi booster di Sleman bisa meningkat menjadi 50 persen.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024