Vokasi solusi penuhi kebutuhan naker Indonesia

id Menko,pelatihan vokasi,tenaga kerja,festival pelatihan vokasi 2022

Vokasi solusi penuhi kebutuhan naker Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto saat ditemui ANTARA di Festival Pelatihan Vokasi 2022 di Jakarta, Minggu (30/10/2022). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartanto menyatakan bahwa pelatihan vokasi merupakan solusi untuk melakukan percepatan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja terampil yang akan memegang peranan penting untuk kemajuan bangsa di masa depan.

“Saya berharap agar pelatihan vokasi dapat lebih memiliki peran signifikan dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia di masa mendatang,” kata Airlangga saat ditemui ANTARA di Festival Pelatihan Vokasi 2022 di Jakarta, Minggu.

Menanggapi pentingnya pelatihan vokasi bagi masyarakat, Airlangga menekankan jika pelatihan itu dapat membantu meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Hal itu juga selaras dengan pesan yang Presiden Joko Widodo sampaikan.

Guna memberikan pelatihan dan peningkatan kemampuan yang tepat dan berkualitas, Airlangga mengatakan bahwa Presiden ingin Kementerian Ketenagakerjaan dapat memastikan alokasi anggaran untuk pelatihan vokasi menjadi satu bagian integral dari kebijakan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kedua, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) harus memperhatikan skema pengembangan pelatihan vokasi terintegrasi dengan dunia usaha dan dunia industri dalam ekosistem pasar kerja yang utuh.

“Bapak Presiden juga juga meminta kita untuk memastikan pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi dapat saling melengkapi untuk mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten,” ujar Airlangga.

Presiden, katanya, juga mewanti-wanti agar pelatihan vokasi yang diberikan dapat memenuhi standar kompetensi masyarakat baik dalam skala nasional maupun internasional, sehingga dapat mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten dan kompetitif.


 

 


 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Airlangga: Pelatihan vokasi solusi penuhi kebutuhan tenaga kerja
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024