Tahun 2030, Indonesia jadi negara maju

id Luhut Binsar Panjaitan,pertumbuhan ekonomi,LPS,negara maju tahun 2030

Tahun 2030, Indonesia jadi negara maju

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam Seminar Internasional LPS di Nusa Dua, Bali, Rabu (9/11/2022). (ANTARA/Sanya Dinda)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan optimis Indonesia akan dapat menjadi negara maju atau berpendapatan tinggi dengan pendapatan per kapita rata-rata 10 ribu dolar AS per tahun pada 2030.

“Hari ini pendapatan per kapita kami mencapai 4 ribu dolar AS per tahun, dan kami berharap nilai tersebut bisa meningkat menjadi sekitar 10 ribu dolar AS per tahun pada 2030 mendatang,” katanya dalam Seminar Internasional Lembaga Penjamin Simpanan di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Untuk itu pertumbuhan ekonomi per tahun harus berada pada kisaran 5,5 sampai 6,5 persen.

Adapun guna mencapai target tersebut, Luhut menyebut Indonesia akan melanjutkan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi di tengah berbagai tantangan secara global.

Indonesia juga tengah mendorong transformasi ekonomi agar tidak hanya berdasar pada komoditas dengan melakukan hilirisasi sehingga tercipta nilai tambah.

Adapun terkait hilirisasi nikel untuk dijadikan baterai mobil listrik, ia mengatakan Indonesia akan memulai produksi paling lambat kuartal III 2024 bekerja sama dengan CATL atau LG. Sementara itu, pertemuan dengan CEO Tesla CEO Elon Musk di perhelatan Presidensi G20 Indonesia masih belum dapat dipastikan.


 


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Luhut optimis Indonesia akan menjadi negara maju pada 2030
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024