Grab gelar Festival Legendaris GrabFood

id grab,kuliner,legendaris

Grab gelar Festival Legendaris GrabFood

Apresiasi dari GrabFood pada acara Festival Legendaris GrabFood di Parkir Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (13/11/2022) (ANTARA/HO-Grab)

Yogyakarta (ANTARA) - Dalam semangat Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Grab, superapp di Asia Tenggara menggelar Festival Legendaris GrabFood di Parkir Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (13/11).

Selain menghadirkan ragam produk kuliner daerah legendaris, acara ini juga menghadirkan momen apresiasi bagi para pahlawan lokal seperti pemilik usaha yang melestarikan khasanah kuliner kota Yogyakarta, para mitra pengemudi Grab yang berperan aktif di lingkungan sekitar, serta tokoh lokal legendaris yang telah memberikan kontribusi positif terhadap kota Yogyakarta. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Legendaris GrabFood nasional yang diselenggarakan di 8 kota yaitu Palembang, Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. 

Festival ini juga untuk makin mengedepankan posisi GrabFood sebagai tujuan utama untuk para konsumen mencari restoran-restoran, tempat makan, dan menu legendaris Indonesia.

"Festival Legendaris GrabFood menjadi momen khusus yang kami manfaatkan untuk memberikan apresiasi bagi para pahlawan lokal yang telah berjasa dalam memberikan kontribusi bagi kota Yogyakarta," kata Hadi Surya Koe, Head of Marketing, GrabFood & GrabMart, Grab Indonesia.

Hadi menyampaikan, GrabFood #Percaya kuliner Indonesia dan berharap lewat acara ini, masyarakat Indonesia dapat terus menikmati sajian lokal kebanggaan Kota Yogyakarta.

Sejumlah mitra resto GrabFood meramaikan acara Festival Legendaris GrabFood. Para pemilik usaha kuliner lokal berperan penting dalam melestarikan cita rasa khas Yogyakarta, selain juga menjadi mitra strategis GrabFood dalam berkontribusi ke ekonomi daerah. 

Bisnis kuliner merupakan bagian dari subsektor penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif, menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pada kesempatan ini, GrabFood juga mengapresiasi almarhum Mbah Surodjo yang dikenal sebagai salah satu pengrajin topeng sekaligus pemilik galeri Surojo Craft. Beliau memulai usaha kerajinan topeng sejak 1970 dan merupakan generasi kedua keluarga pengrajin topeng. 

Tokoh lokal legendaris lainnya yang diapresiasi di momen tersebut adalah Finarsih, mantan atlet bulu tangkis ganda puteri Indonesia.

Finarsih telah membanggakan nama Yogyakarta dan Indonesia dengan menjuarai berbagai turnamen bergengsi, di antaranya Uber Cup Ganda Putri 1994 dan 1996, Belanda Terbuka Ganda Putri pada 1993, Indonesia Terbuka 1993 dan 1994, Taipei Terbuka 1994, dan Kejuaraan Dunia IBF di Lausanne, Swiss, pada 1995 dengan meraih medali perak.

Tidak hanya tokoh lokal dan resto legendaris, apresiasi juga diberikan kepada para mitra pengemudi Grab yang menunjukkan peran aktifnya bagi lingkungan sekitar. Para mitra pengemudi adalah nadi bagi layanan GrabFood di Kota Yogyakarta. Peran mereka tentu tidak terelakkan dan tidak boleh luput dari apresiasi berbagai pihak.

"Tidak hanya berperan penting dalam kegiatan operasional Grab, para mitra pengemudi ini juga aktif meluangkan waktunya untuk berbagi dan berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Kami tentunya sangat berterima kasih kepada para mitra pengemudi Grab," kata Hadi.

Acara Festival Legendaris GrabFood ini digelar dengan menghadirkan berbagai keseruan bagi masyarakat setempat seperti zumba, mini games dan pertunjukan musik. Acara juga didukung oleh Frestea Nusantara dan Le Minerale yang menyediakan produk-produk minuman sebagai pendamping santapan legendaris di festival ini.

GrabFood menghadirkan kategori makanan Resto Legendaris dengan menawarkan puluhan ribu menu andalan kuliner Indonesia dari ribuan pelaku UMKM kuliner di 21 kota di Indonesia, yakni Medan, Palembang, Batam, Pekanbaru, Padang, Jambi, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, dan Manado, yang semuanya tergabung sebagai mitra resto GrabFood.