Bank Dunia: Pandemic Fund cegah KLB

id Pandemic Fund ,One Health ,Bank Dunia

Bank Dunia: Pandemic Fund cegah KLB

Executive Head of the Pandemic Fund Sekretariat The World Bank (Bank Dunia) Priya Basu (tengah) dalam G20 Side Event bertajuk "Redesigning Pandemic Prevention, Preparedness, and Response: Lessons Learned and New Approaches" di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Bank Dunia mengharapkan Pandemic Fund (Dana Pandemi) dapat memperkuat konsep One Health guna mencegah kejadian luar biasa pada masa mendatang.

"Pandemic Fund diharapkan juga memperkuat One Health, ini adalah kebaikan global yang memberi manfaat," ujar Executive Head of the Pandemic Fund Sekretariat The World Bank (Bank Dunia) Priya Basu di Nusa Dua, Bali, Senin.

Dia menjelaskan konsep One Health salah satu konsep baru untuk mencegah penyakit pada hewan berpindah ke manusia.

"Bank Dunia bersama WHO bekerja sama untuk mengatasi Pandemic Fund, terima kasih banyak untuk semua yang tergabung dalam proses ini (Pandemic Fund)," kata dia.

Saat ini, Pandemic Fund telah terkumpul sekitar 1,4 miliar dolar AS atau setara Rp21,7 triliun dari 15 negara dan tiga lembaga filantropi.

Dalam G20 Side Event bertajuk "Redesigning Pandemic Prevention, Preparedness, and Response: Lessons Learned and New Approaches" itu, ia juga mengharapkan melalui Pandemic Fund dapat mengatasi kesenjangan pembiayaan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan (prevention, preparedness, dan response/PPR) pandemi.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bank Dunia harap Pandemic Fund perkuat konsep One Health