Bupati: Pasar Ikan Bangunkerto Sleman menghasilkan produk harga bersaing

id Pasar ikan Bangunkerto ,Kelurahan Bangunkerto ,Danais DIY ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Pasar ikan

Bupati: Pasar Ikan Bangunkerto Sleman menghasilkan produk harga bersaing

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan Pasar Ikan Bangunkerto, Kapanewon Turi yang didanai dari Dana Keistimewaan DIY, Minggu (4/12/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman.

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan pembangunan Pasar Ikan Mina Bangunkerto dapat menjadi fasilitas penunjang bagi para petani ikan dalam memasarkan hasil produksinya dengan harga yang bersaing.

"Adanya pasar ikan ini diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber protein hewani yang segar dan berkualitas," kata Kustini saat meresmikan Pasar ikan yang berlokasi di Kawasan Argowisata Bangunkerto, Turi, Sleman, Minggu.

Pembangunan Pasar Ikan Mina Bangunkerto di Kelurahan Bangunkerto, Kecamatan Turi, yang diresmikan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Paniradya Pati Keistimewaan DIY Aris Eko Nugroho tersebut menggunakan alokasi dana keistimewaan DIY.

Kustini mengatakan pemenuhan kebutuhan pangan bergizi termasuk diantaranya ikan menjadi sebuah keharusan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu, Lurah Bangunkerto Anas Maruf mengatakan bahwa pembangunan pasar ikan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Keistimewaan (Danais) DIY.

"Melalui Danais, Kelurahan Bangunkerto melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Salah satunya difokuskan dalam peningkatan UMKM dan pariwisata dengan menggandeng mitra kerja dalam hal ini Dinas Koperasi DIY," katanya.

Paniradya Pati Keistimewaan DIY Aris Eko Nugroho mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun kedua Danais DIY disalurkan kepada kelurahan.

Menurut dia, Danais yang diberikan kepada kelurahan diharapkan dapat difokuskan dalam program atau kegiatan tertentu sehingga bisa lebih optimal dalam realisasinya.

Usai melakukan peresmian, Bupati Sleman beserta rombongan juga melakukan peninjauan langsung lokasi budi daya ikan. Kemudian, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelepasan ratusan bibit ikan di Agrowisata Bangunkerto, Turi.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024