BSI-Kemenkeu dampingi penerima KUR syariah agar berkembang

id BSI,Kemenkeu,UMKM

BSI-Kemenkeu dampingi penerima KUR syariah agar berkembang

BSI dan Kemenkeu menandatangani nota kesepahaman (MOU) Kerjasama Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE). (ANTARA/HO-BSI)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Kementerian Keuangan siap mendampingi penerima pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) syariah agar naik kelas.

Komitmen tersebut diimplementasikan dalam penandatangan nota kesepahaman (MOU) Kerjasama Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE).

Progam UMKM Financing Empowement (U-FinE) bertujuan untuk mendorong inklusivitas keuangan UMKM dan mendorong nasabah penerima KUR Syariah naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi sebagai pengusaha kelas menengah atau besar.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari dalam keterangan di Jakarta, Selasa, mengatakan, peran BSI dan Kementerian Keuangan yaitu mendorong akselerasi pembiayaan dan pendampingan UMKM, di antaranya pelatihan, pembiayaan, pendampingan perizinan hingga pemasaran.

"Dari sisi BSI akan siap memberikan literasi keuangan syariah sehingga nasabah KUR BSI yang jumlahnya mencapai 221.000 nasabah dapat teredukasi dengan adanya sinergi ini," ujar Ngatari.

Selain itu, BSI dan Kementerian Keuangan akan berkolaborasi menjalankan kurasi dan identifikasi kepada UMKM yang layak naik kelas, yakni dari mulai proses identifikasi karakteristik UMKM di daerah hingga pendampingan untuk pengembangan usaha.

Untuk BSI sendiri, program tersebut akan dilaksanakan di wilayah yang memiliki KUR terbanyak di tujuh wilayah diantaranya Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BSI dan Kemenkeu siap dampingi penerima KUR syariah agar naik kelas