Polres Bantul petakan wilayah rawan kejahatan guna cegah kriminalitas

id Polres Bantul ,Wilayah rawan kejahatan ,Antisipasi pencurian dan kejahatan jalanan

Polres Bantul petakan wilayah rawan kejahatan guna cegah kriminalitas

Markas Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memetakan wilayah rawan kejahatan di kabupaten ini guna mengantisipasi tindak pidana kriminalitas seperti pencurian, maupun kejahatan jalanan.

"Pak Kapolres sudah memerintahkan semua jajaran untuk memetakan wilayah rentan kejahatan. Yakni data informasinya, kemudian riwayat kejahatan, waktu kejadian, dan modusnya," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam pesan tertulisnya di Bantul, Kamis.

Menurut dia, Kapolres Bantul AKBP Ihsan juga telah memerintahkan semua jajaran untuk melakukan pengamatan dan penjagaan dari hasil pemetaan rawan kejahatan tersebut.

"Dari hasil pemetaan itu, sesuai perintah kita melakukan pengamatan dan penjagaan, mengedepankan patroli dan penjagaan. Jadi kita tingkatkan patroli skala besar di tempat yang rawan terjadinya kejahatan, khususnya masalah curat (pencurian dengan pemberatan), curanmor (pencurian kendaraan bermotor) dan kejahatan jalanan," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Polres Bantul juga mengimbau ke masyarakat agar lebih waspada, dalam hal ini untuk tidak menjadi korban kejahatan khususnya di waktu malam hari.

"Harapan kami masyarakat tetap waspada dan berhati-hati walaupun kami sudah melakukan kegiatan patroli skala besar," katanya.

Menurut dia, berdasarkan data kasus pencurian di wilayah hukum Polres Bantul selama Februari mengalami penurunan dibanding angka kasus tersebut selama periode Januari 2023.

Dia menyebutkan, jika di Januari terjadi 60 kasus pencurian, di Februari tercatat hanya 23 kasus pencurian, atau turun sebesar 61,67 persen.

"Kasus pencurian paling banyak terjadi di wilayah pemukiman, tempat kos dan pertokoan. Dan jam rawan terjadinya kasus pencurian ada di pukul 03.00 sampai 06.00 WIB," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024