Perguruan tinggi harus mampu cetak SDM unggul

id Perguruan Tinggi Bandung,Kampus Bandung,SDM Kota Bandung,Yana Mulyana

Perguruan tinggi harus mampu cetak SDM unggul

Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Gedung Pascasarjana Uninus, Bandung, Kamis (13/4/2023). (ANTARA/Istimewa)

Bandung (ANTARA) - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengharapkan kualitas perguruan tinggi di Kota Bandung semakin meningkat, dengan tujuan agar kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Bandung juga semakin mumpuni.

"Kota Bandung tidak punya sumber daya alam, jadi memang Bandung sangat bergantung pada peningkatan SDM. Peningkatan SDM itu adanya di lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi," kata Yana di Gedung Pascasarjana Uninus, Kamis.

Oleh karenanya, Yana mendukung upaya Universitas Islam Nusantara (Uninus) yang menargetkan akreditasi unggul sebagai transformasi strategi menuju Uninus unggul, yang diharapkan menambah baik kualitas perguruan tinggi Bandung dan bisa diikuti kampus lainnya di Kota Kembang.

Sementara itu, Rektor Uninus Obsatar Sinaga menjelaskan Uninus menargetkan akreditasi unggul sebagai transformasi strategi menuju Uninus unggul.

Sementara Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Ari Purbayanto memaparkan tantangan kesenjangan mutu perguruan tinggi disebabkan tingkat pemahaman, kesadaran, dan tanggung jawab Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) masih rendah.

"Ada 10 poin data yang wajib dipenuhi untuk lolos Pemantauan Dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA). Beberapa di antaranya persentase kelulusan tepat waktu (PKTW) perguruan tinggi akademik lebih dari 37,5 persen dan persentase keberhasilan studi (PBS) untuk perguruan tinggi akademik lebih dari 60 persen," tutur Ari.*
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024