Swedia layak jadi anggota NATO

id KTT NATO,Swedia NATO,Kelompok teroris PKK,Turki Swedia NATO

Swedia layak jadi anggota NATO

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin (kiri) melalukan konferensi pers bersama Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson (kanan) di Stockholm pada Kamis (2/2/2023). (Xinhua)

Paris (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom pada Jumat mengatakan negaranya telah memenuhi komitmen melawan kelompok-kelompok teroris di negaranya sebagai salah satu syarat untuk bergabung dengan NATO.

Dia juga menyebut Swedia mengutuk semua organisasi teroris, termasuk Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dianggap organisasi berbahaya oleh Pemerintah Turki. Turki dan sejumlah negara Barat memasukkan organisasi itu dalam daftar organisasi teroris.

Saat jumpa pers dengan Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna di Paris, Billstrom mengatakan Swedia telah memenuhi bagian terakhir dari komitmennya sesuai kesepakatan trilateral Turki, Swedia, dan Finlandia yang ditandatangani di Madrid pada Juni 2022.

Swedia telah memenuhi permintaan Turki untuk memerangi terorisme dengan mengesahkan undang-undang antiteror yang baru yang telah berlaku sejak 1 Juni, kata dia.

Dia menekankan Stockholm dan Ankara memiliki tujuan  sama, yaitu memerangi terorisme.

Mengenai posisi pemerintahnya dalam memerangi PKK, Billstrom menegaskan kembali bahwa Swedia telah memenuhi komitmennya dan kerja sama antara polisi Swedia dan Turki telah meningkat pesat.

Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Swedia ungkap sudah penuhi komitmen antiterorisme agar masuk NATO
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024