Ganjar Milenial gandeng Karang Taruna Kalidengen kerja bakti bersih desa

id ganjar,karang taruna

Ganjar Milenial gandeng Karang Taruna Kalidengen kerja bakti bersih desa

Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggandeng karang taruna mengadakan kerja bakti bersih-bersih di Desa Kalidengen, Kapanewon Temon, Kulon Progo, DIY, Sabtu (24/6/2023) (ANTARA/HO-GMC)

Yogyakarta (ANTARA) - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggandeng karang taruna mengadakan kerja bakti bersih-bersih di Desa Kalidengen, Kapanewon Temon, Kulon Progo, DIY, Sabtu. 

Kegiatan yang menyasar kaum milenial ini dilakukan dalam rangka menyambut Merti Dusun yang akan digelar Minggu, 25 Juni 2023. Adapun tradisi tersebut merupakan agenda rutin tahunan berupa bersih-bersih lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, warga juga melakukan kirab dan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur. 

Perwakilan GMC DIY David Ardiansyah mengatakan kerja bakti juga digelar untuk semakin merekatkan hubungan antarwarga setempat. 

"Kami mengadakan gotong royong bersih-bersih desa selain untuk masyarakat tetap guyub juga untuk menjaga kebersihan karena musim pancaroba dan juga biar masyarakat nanti tetap terjaga kesehatannya," ujar David. 

Adapun aktivitas kerja bakti yang dilakukan, yakni membersihkan sampah-sampah di sekitar rumah warga dan membersihkan selokan agar terbebas dari sarang nyamuk. 

Apalagi saat ini memasuki musim pancaroba di mana banyak penyakit yang mengintai akibat perubahan musim. 

"GMC DIY khususnya harapannya biar ketika kita bersih-bersih masyarakat tetap terjaga kebersihannya, terhindar dari penyakit-penyakit mungkin dari nyamuk (demam berdarah) dan lain-lain. Selain itu, tetap 'support' agenda dari masyarakat Desa Kalidengen," kata David. 

Menurut dia, warga setempat sangat antusias mengikuti kerja bakti yang diselenggarakan loyalis Ganjar tersebut. Hal itu dikarenakan warga sangat mendukung Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang ideal untuk Presiden 2024-2029. 

"Alhamdulillah, kalau masyarakat sini selalu antusias bahkan yang datang bisa lebih, rata-rata masyarakat sini 'support' untuk ayah Ganjar. Sangat antusias kalau udah urusannya sama Ayah Ganjar,  langsung jalan semua," kata David. 

Pada kesempatan yang sama, salah seorang warga bernama Subarno (58) mengapresiasi kegiatan yang dihelat GMC DIY. 

Menurut dia, kegiatan tersebut sangat positif dan dapat mempererat silaturahmi antarwarga khususnya kaum milenial yang ada di Desa Kalidengen. 

"Saya mewakili warga Kalidengen adanya kerja bakti sangat setuju dan bagus sekali. Sangat positif, karena jarang-jarang acara seperti ini ada, apalagi ditambah dari GMC berarti semakin semarak," kata Subarno. 

Ia pun tak lupa mendoakan Ganjar Pranowo agar bisa menjadi pemimpin berikutnya. 

"Memang Pak Ganjar itu orangnya prasojo (sederhana). Mudah-mudahan kalau jadi pimpinan bisa seperti ini warna aslinya tidak di-'gawe-gawe'(dibikin-bikin), memberikan contoh. Mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa tercapai," kata Subarno.