Tiga institusi majukan literasi untuk wujudkan SDM andal

id Perpusnas,Literasi,Membaca,Kemendikbudristek,Setkab

Tiga institusi majukan literasi untuk wujudkan SDM andal

Dari kiri ke kanan, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, perwakilan civitas akademika, dan Deputi Bidang Administrasi Setkab Farid Utomo saat penandatanganan kerja sama memajukan literasi di Jakarta, Rabu (7/7/2023). ANTARA/HO-Perpusnas RI

Jakarta (ANTARA) -
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memperkuat kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Sekretariat Kabinet (Setkab) untuk memajukan literasi dan mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.
 
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, kerja sama ini adalah upaya bersama dalam mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Presiden dan Wakil Presiden.
 
"Seorang individu tidak bisa menjadi pintar tanpa belajar dan membaca, dan tujuan literasi yang paling penting itu bisa mengimplementasikan apa yang dibaca," kata Syarif pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Menurutnya, masalah rendahnya budaya baca di Indonesia bukan disebabkan oleh kurangnya minat baca, tetapi kurangnya bahan bacaan.
 
"Faktanya, perpustakaan keliling selalu dipadati oleh anak-anak. Ini menandakan mereka merindukan lebih banyak buku bacaan," ujar dia.
 
Ia menjelaskan, Perpusnas telah melakukan digitalisasi pada lebih dari 1,3 juta koleksi perpustakaan. Untuk itu, Perpusnas membutuhkan dukungan dari Kemendikbudristek untuk memastikan peran perpustakaan sebagai jantung pendidikan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.
 
"Dibutuhkan edaran resmi dari menteri kepada civitas akademika maupun satuan pendidikan agar mereka dapat memanfaatkan layanan digital Perpusnas, sehingga mereka dapat mengaksesnya secara digital di mana pun, selama terhubung ke internet," tuturnya.
 
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti menyampaikan apresiasi terhadap transformasi yang dilakukan Perpusnas.
 
"Saya berharap Perpusnas dapat terus meningkatkan layanan yang lebih baik untuk menjadikan masyarakat Indonesia sebagai pembelajar, di mana membaca menjadi syarat mutlak untuk menciptakan Indonesia maju," kata dia.

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpusnas, Kemendikbudristek, dan Setkab kerja sama majukan literasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024