Muktamar Hizbul Wathan Ke-4 digelar di Universitas Muhammadiyah Malang

id hizbul wathan,muktamar

Muktamar Hizbul Wathan Ke-4 digelar di Universitas Muhammadiyah Malang

Dari kiri: Ketua Kwartir Pusat HW Bidang Pendidikan dan Pelatihan Uun Harun Syamsudin, Sekretaris Umum Kwartir Pusat HW Muhammad Zairin, Ketua Umum Kwartir Pusat HW Endra Widyarsono, Pimpinan Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta Atang Solihin, dan Bendahara Umum Kwartir Pusat HW Zulbahri SUtan Bagindo. ANTARA/HO-HW

Yogyakarta (ANTARA) - Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan akan melaksanakan Muktamar Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Ke-4 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kota Malang, Jawa Timur, pada tanggal 26-29 Juli 2023.

Muktamar yang merupakan forum permusyawaratan tertinggi di Hizbul Wathan tersebut bakal mengusung tema "Menggerakkan Sumber Daya Membangun Kader Utama".

Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Endra Widyarsono, di Yogyakarta, Senin, mengatakan tema yang diusung pada Muktamar Hizbul Wathan Ke-4 itu dalam rangka menjawab tantangan perubahan.

"Tema yang kita usung, Menggerakkan Sumber Daya Membangun Kader Utama adalah wujud Hizbul Wathan ingin menghadirkan perubahan," kata Endra.

Menurut dia, tema yang dipilih dalam Muktamar Hizbul Wathan Ke-4 selaras dengan harapan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Terlebih, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, atau lebih dikenal Hizbul Wathan disingkat HW, merupakan organisasi otonom di Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang kepanduan.

"Menitikberatkan tema sumber daya, kita akan melibatkan generasi muda, generasi milenial untuk lebih banyak di Hizbul Wathan khususnya untuk menghadapi era disrupsi," katanya.

Pegiat Pendidikan sekaligus Guru ini menambahkan, momentum Muktamar HW Ke-4 akan mengukuhkan Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan. "Kita ingin, Soedirman bukan saja dikenal sebagai Bapak TNI, tetapi juga Bapak Pandu Hizbul Wathan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Umum Muhammad Zairin bahwa Muktamar HW Ke-4 akan mengukuhkan Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan. "Pengukuhan ini akan dilakukan PP Muhammadiyah pada saat pembukaan Muktamar," katanya.

Menurut Zairin, kiprah Soedirman muda memang tidak bisa dilepaskan dari Hizbul Wathan di mana ia dididik, dilatih disiplin, dan menjadi pemimpin saat menjadi seorang pandu HW.

Pria asal Palembang ini menambahkan, selain pengukuhan Soedirman sebagai Bapak Pandu HW, Muktamar HW Ke-4 juga momentum Hizbul Wathan untuk mendunia.

"Sudah ada rintisan HW ingin berdiri di Malaysia, nanti pada Muktamar HW akan dirumuskan bagaimana keterlibatan HW di kancah global," katanya.

Selain merumuskan program periode mendatang, Muktamar HW Ke-4 di Kota Malang juga bakal menetapkan Ketua Umum Kwartir Pusat HW untuk periode 2023-2028.