Kanwil Kemenkumham DIY gelar donor darah peringati HUT Kemenkumham

id kemenkumham DIY

Kanwil Kemenkumham DIY gelar donor darah peringati HUT Kemenkumham

Kanwil Kemenkumham DIY Gelar Donor Darah Peringati HUT Kemenkumham, Rabu (28/7/2023) (ANTARA/HO-Kemenkumham DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY menggelar kegiatan Donor Darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap kemanusian dalam merayakan Hari Kementerian Hukum dan HAM (HDKD) ke-78 Tahun 2023.

Donor Darah dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham DIY, Rabu (26/7/2023) dan diikuti pendonor dari Kanwil Kemenkumham DIY dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajarannya. Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto mengatakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama manusia.

"Antusiasme pegawai dalam mengikuti donor darah ini saya lihat cukup tinggi. Saya berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan di tahun-tahun mendatang dengan antusiasme yang tinggi dari seluruh pegawai,' ujar Agung.

Agung juga menyampaikan apresiasi kepada PMI Kota Yogyakarta yang telah membantu terselenggaranya kegiatan donor darah ini. Ia berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PMI Kota Yogyakarta yang telah bersedia dan berkenan membantu melancarkan kegiatan donor darah ini. Semoga kegiatan yang kita selenggarakan pada hari ini dapat menjadi catatan amal ibadah kita kelak di kemudian hari," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Ketua PMI Kota Yogyakarta Irjen (Purn) R.M. Haka Astana juga menyampaikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham DIY atas sinergi yang terjalin. Haka menyebut darah yang didonorkan para pegawai Kanwil Kemenkumham DIY bisa menyelamatkan banyak nyawa.

Pada donor darah kali ini berhasil terkumpul 100 kantong darah yang terdiri atas 24 kantong darah A, 42 kantong darah B, 8 kantong darah AB, dan 26 kantong darah O.

Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Pemasyarakatan Gusti Ayu Putu Suwardani, Kepala Divisi Keimigrasian M Yani Firdaus serta sejumlah pejabat struktural turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Para pegawai jajaran Kanwil Kemenkumham DIY juga tampak antusias mengikuti kegiatan sosial yang dilaksanakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kemenkumham ini. 

Hari Kementerian Hukum dan HAM diperingati pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya. Di ulang tahunnya yang ke-78 ini, Kemenkumham telah merancang sejumlah kegiatan yang bermanfaat, di antaranya bakti sosial hingga perlombaan olah raga dan seni.