Bank BPD DIY gelar Malioboro Run 2023

id bpd diy,malioboro run

Bank BPD DIY gelar Malioboro Run 2023

Bank BPD DIY akan menggelar ajang lomba lari bertajuk "Malioboro Run 2023, Running With Memories of Jogja" pada 29 Oktober 2023 (ANTARA/HO-BPD DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Bank BPD DIY akan menggelar ajang lomba lari dengan tajuk "Malioboro Run 2023, Running With Memories of Jogja" pada tanggal 29 Oktober 2023, dengan menargetkan sebanyak 3.500 pelari.

"Sukses dengan Malioboro Run 2022, tahun ini Malioboro Run menyuguhkan rute kawasan ikonik Kota Yogyakarta seperti Malioboro, Benteng Vrederburg, titik nol kilometer, Keraton Yogyakarta, dan kawasan heritage Kotabaru," kata Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad di BPD DIY Digital Lounge Malioboro Yogyakarta, Rabu.

Sedikit berbeda dengan tahun lalu, kata dia, Malioboro Run 2023 yang mengambil start dan finish di halaman Kantor DPRD DIY itu menghadirkan kategori baru yakni kategori Half Marathon (21 km). Dengan demikian, secara keseluruhan Malioboro Run 2023 akan terdapat empat kategori yaitu Half Marathon (21K), 10K, 5K, dan Kid Dash.

Bank BPD DIY menargetkan 3.500 pelari ikut dalam gelaran Malioboro Run 2023 dengan kuota pada masing-masing kategori, yakni Half Marathon (21K) 400 peserta, 10K 1.200 peserta, 5K 1.800 peserta, dan Kid Dash 100 peserta.

Total hadiah yang disiapkan pada Malioboro Run 2023 adalah sebesar Rp104,75 juta untuk juara 1, 2, dan 3 pada masing-masing kategori. Selain itu, juga disediakan hadiah untuk peserta dengan kostum terunik.

Santoso Rohmad menyampaikan bahwa Malioboro Run digagas sebagai upaya mengenalkan budaya, khususnya di Yogyakarta, melalui sport tourism yang diharapkan juga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Peserta Malioboro Run 2023 juga akan menikmati penampilan kebudayaan yogyakarta dan yel-yel penyemangat dari anak-anak (cheering) di beberapa titik pada rute yang dilewati.

Selain itu, para perserta juga akan melewati beberapa landmark ikonik Kota Yogyakarta seperti Plengkung Wijilan, Plengkung Gading, Pojok Beteng Wetan, Pojok Beteng Wetan Lor, Situs Warung Boto, dan Tugu Yogyakarta.

Pendaftaran peserta dibuka pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 10.10 WIB. Para pelari yang ingin mengikuti Malioboro Run 2023 dapat melakukan pendaftaran melalui website www.maliobororun.id dengan pembayaran menggunakan QRIS.

Peserta akan mendapatkan fasilitas berupa jersey race, jersey finisher (khusus 21K), medali finisher, BIB number (timing chip), tote bag, refreshment, asuransi, dan e-certificate.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengapresiasi penyelenggara yang terus berusaha menggerakkan pariwisata Yogyakarta melalui Malioboro Run 2023.

"Kegiatan itu dapat menjadi ruang promosi destinasi yang tepat dan luar biasa yang diharapkan dapat menghidupkan ekosistem pariwisata yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Harapan saya muncul gimmick budaya yang memadukan sport tourism untuk menghibur peserta," katanya.

Dalam Malioboro Run 2023, Bank BPD DIY juga menghadirkan artis Gisela Anastasia dan band Padi Reborn untuk menghibur para pelari dan pengunjung pada sesi racepack collection di Jogja City Mall.