Ketum PSSI: Spesial, kemenangan 9-0 Indonesia atas China Taipei

id Erick Thohir,PSSI,Timnas Indonesia U-23,Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Ketum PSSI: Spesial, kemenangan 9-0 Indonesia atas China Taipei

Ketum PSSI Erick Thohir ketika ditemui awak media seusai laga Indonesia mencukur China Taipei dengan skor 9-0 pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Solo (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menilai pesta sembilan gol tanpa balas Timnas Indonesia U-23 ke gawang China Taipei dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 2024 untuk Grup K di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, terasa sangat spesial.

Hal ini, kata Erick, dikarenakan terdapat kecocokan pada angka kemenangan (9-0) dan tanggal bermain 9 September 2023 yang sesuai dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang pada tahun ini menginjak peringatan yang ke-40.

Tidak hanya soal angka, kemenangan Indonesia juga menjadi kado terindah bagi peringatan Haornas ke-40 jika ditinjau dari segi tempat. Kemenangan tim Garuda Muda dari China Taipei terjadi di Solo dan hal ini selaras dengan Haornas yang ide pertama kalinya dicetuskan pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 1 pada 9-12 September 1984 dimana Solo menjadi tuan rumah.

“Hari ini tentu adalah hadiah buat Haornas yang memang lahir di Solo. Angka kemenangannya juga pas lagi, 9-0, 9 September. Jadi selamat kepada Indonesia,” kata Erick ketika ditemui awak media di Stadion Manahan seusai Indonesia melawan China Taipei.

Kemenangan telak ini membuat Indonesia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup K dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Turkmenistan di posisi kedua dengan poin yang sama.

Tim yang diasuh pelatih Shin Tae-yong itu hanya membutuhkan hasil imbang pada laga pamungkas melawan Turkmenistan, Selasa (12/9) untuk menjadi juara grup dan sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar yang akan berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei.

“Tadi saya masuk ke locker room, saya sampaikan kepada pelatih Shin Tae-yong dan tentu saya berharap ini bisa fokus untuk masa depan kita,” ucap Erick.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga menyinggung jika Indonesia mampu lolos ke babak putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Menurutnya, jika Indonesia lolos ke putaran final harus menampilkan permainan terbaik, karena tiga tim teratas di Piala Asia U-23 2024 akan dihadiahi lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick nilai kemenangan 9-0 Indonesia dari China Taipei sangat spesial

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024