Pertemuan Rusia-Korut tak langgar perjanjian apa pun

id Presiden Putin,Rusia-Korut,Putin-Kim Jong Un,Korea utara

Pertemuan Rusia-Korut tak langgar perjanjian apa pun

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam kunjungan Kim ke pusat peluncuran antariksa Vostochny di Timur Jauh Rusia (13/9/2023). (ANTARA/HO-Kremlin)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa Rusia tidak melanggar dan tidak akan melanggar perjanjian apa pun mengenai Korea setelah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pekan ini di Vladivostok di Timur Jauh Rusia.

Rusia, yang mendukung resolusi PBB terhadap Korea Utara, telah berulang kali mengatakan bahwa mereka ingin memperdalam hubungan dengan Pyongyang. Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan bahwa kesepakatan militer apa pun antara Putin dan Kim akan melanggar sanksi PBB terhadap Korea Utara.

“Korea adalah tetangga kami, dan kami harus membangun hubungan yang baik dengan tetangga kami, bagaimana pun caranya,” kata Putin dalam konferensi pers di Sochi, Jumat, dikutip dari transkrip resmi yang dirilis Kremlin.

“Ya, ada beberapa hal spesifik yang terkait dengan Semenanjung Korea. Kami mendiskusikan hal ini secara terbuka; kami tidak pernah melanggar apa pun; dan dalam hal ini kami tidak akan melanggar apa pun. Namun, tentu saja kami akan mencari peluang untuk mengembangkan hubungan Rusia-Korea Utara,” sambungnya.

Putin menuturkan bahwa pertemuannya dengan Kim juga tidak dimaksudkan untuk mengancam pihak mana pun atau memprovokasi keamanan global.


Menurut dia, ancaman terbesar justru diciptakan oleh para elite penguasa saat ini, merujuk pada Amerika Serikat dan para sekutunya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Putin: Rusia tak langgar perjanjian apa pun usai pertemuan dengan Kim
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024