Ribuan pelari ambil bagian dalam The International Yogyakarta 42K Marathon

id pelari,marathon

Ribuan pelari ambil bagian dalam The International Yogyakarta 42K Marathon

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo (tengah) bersama panitia penyelenggara The International Yogyakarta 42K Marathon (ANTARA/HO-Dyandra Promosindo)

Yogyakarta (ANTARA) - Ribuan pelari dari dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam The International Yogyakarta 42K Marathon yang diselenggarakan Dyandra Promosindo bersama Raga Jiwa Mulia pada 8 Oktober 2023.

"Acara maraton ini akan menghadirkan ribuan pelari dari dalam dan luar negeri yang akan berlomba di sepanjang rute yang menakjubkan di Kota Yogyakarta," kata Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Daswar Marpaung di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, rute maraton telah dirancang untuk memberikan pengalaman lari yang menarik, melalui berbagai landmark ikonik Kota Yogyakarta. Selain itu, langkah keamanan dan pengaturan lalu lintas yang ketat telah diterapkan untuk menjaga keselamatan semua peserta dan penonton.

Daswar mengatakan pihak penyelenggara yang didukung oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Pemerintah Kota Yogyakarta siap bekerja sama demi kelancaran acara.

Menurut dia, kegiatan The International Yogyakarta 42K Marathon tidak hanya diselenggarakan sebagai acara olahraga semata, tetapi juga untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian lokal.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menjadikan event ini sebagai salah satu acara Yogyakarta yang berkelanjutan. Kami selaku penyelenggara ingin terus berkolaborasi mengembangkan acara ini menjadi magnet bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," katanya.

Kegiatan olahraga sekaligus promosi wisata ini bertujuan untuk mengenalkan Yogyakarta yang penuh warisan sejarah dan budaya kepada pecinta lari nasional maupun internasional. TIY42K akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10K, 21K, dan 42K.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan The International Yogyakarta 42K Marathon ini tentu ditunggu-tunggu. Ini merupakan konsep city marathon pertama di Kota Yogyakarta. Sport tourism ini sangat menarik bagi kota yang baru saja diakui oleh UNESCO.

"Yogyakarta punya destinasi yang bagus, jadi saya berharap punya dampak luas pada tourism di Yogyakarta demi meningkatkan perekonomian di Yogyakarta," ujar Singgih.

Direktur Utama Raga Jiwa Mulia Rizky Fransisco mengatakan acara The International Yogyakarta 42K Marathon bukan hanya tentang olahraga, tetapi juga tentang mempromosikan pariwisata, budaya, ekonomi lokal, dan edukasi mengenai recycling/upcycling sampah.

"Kami mengundang masyarakat Yogyakarta dan seluruh Indonesia untuk bergabung dalam merayakan semangat kebersamaan dan mendukung peserta yang akan berlari sejauh 42 kilometer melintasi kota ini," katanya.

"Acara ini juga bentuk dari komitmen kami dalam mengajak masyarakat hidup sehat. Bekerja sama juga dengan salah satu pengusaha pengolah sampah di Yogyakarta untuk memilah dan recycle sampah-sampah yang tidak bisa dipungkiri pasti ada selama TIY42K berlangsung," kata Rizky.

Peserta maraton yang telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan race pack dan berkesempatan mendapatkan hadiah dengan nilai total Rp300 juta.

Seluruh pelari yang berhasil mencapai garis finish sebelum cut off time masing-masing kategori akan mendapatkan medali, dan khusus Kategori 42K akan mendapatkan Jersey Finisher.

Pemenang akan dibedakan pria dan wanita setiap kategorinya, baik untuk kategori Open, Master 40+ dan Master 50+. Untuk 42K dan 21K akan ada Juara 4 dan Juara 5 untuk Kategori Open, yang juga dibedakan pria dan wanita.