Polres dan Disbud Bantul sampaikan pesan kamtibmas dengan Kethoprak Bhayangkara

id Kethoprak Bhayangkara ,Sampaikan pesan kamtibmas ,Polres Bantul

Polres dan Disbud Bantul sampaikan pesan kamtibmas dengan Kethoprak Bhayangkara

Pagelaran Kethoprak Bhayangkara di halaman depan Pasar Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa malam (26/9). ANTARA/HO/Humas Polres Bantul

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan Dinas Kebudayaan kabupaten setempat menggelar Kethoprak Bhayangkara sebagai sarana menyampaikan pesan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Pagelaran Kethoprak Bhayangkara ini selain untuk melestarikan kebudayaan khususnya dari Bantul, juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat Bantul," kata Kepala Kepolisian Resor Bantul, AKBP Michael R Risakotta, di Bantul, Rabu.

Pagelaran Kethoprak Bhayangkara di halaman depan Pasar Bantul pada Selasa (26/9) malam tersebut mengambil judul Jaga Warga, yang dalam cerita atau adegannya menggambarkan pesan-pesan edukasi agar membuat kenyamanan dan keamanan warga maupun lingkungan.

Masyarakat Bantul pun antusias menyaksikan pentas kethoprak mataraman yang sesekali muncul pula dialog khas kepolisian, karena justru menjadi daya tarik tersendiri dan mengundang gelak tawa bagi para penonton.

"Kita berharap, melalui pagelaran ini, masyarakat tertarik menyaksikan dan menyimak karena di balik skenario cerita disisipkan pesan-pesan kamtibmas dalam rangka mencegah maupun memberikan informasi jenis-jenis jenis-jenis kejahatan terbaru," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo selaku sutradara Kethoprak Bhayangkara mengatakan apresiasi kepada Kapolres Bantul berserta jajarannya atas terselenggaranya pertunjukan kebudayaan tersebut.

"Ternyata Pak Kapolres beserta seluruh jajarannya dan anggota, serta Kapolsek-Kapolsek bisa bermain kethoprak, walaupun latihannya cuma sekali, tetapi sangat bisa menguasai pementasan," katanya.

Wabup Bantul berharap, pementasan kebudayaan akan menjadi suatu penyemangat untuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dalam melestarikan budaya, khususnya kethoprak.

"Tentunya kita, Pemkab Bantul sangat berterima kasih kepada bapak Kapolres dan seluruh jajarannya sampai dengan Polsek yang sudah memberikan hiburan kepada masyarakat," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polres Bantul sampaikan pesan kamtibmas melalui Kethoprak Bhayangkara