Tingkatkan daya saing PT lewat Kampus Merdeka

id Nadiem,Kampus Merdeka,Merdeka Belajar

Tingkatkan daya saing PT lewat Kampus Merdeka

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam Higher Education Executive Workshop di Denpasar, Bali, Rabu (4/10/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyatakan kebijakan Kampus Merdeka merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi Indonesia agar berkelas dunia.

“Pemerintah telah mengeluarkan sembilan kebijakan kunci bagi perguruan tinggi untuk bertransformasi menjadi berkualitas dan berdaya saing,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Nadiem dalam Higher Education Executive Workshop menuturkan pendidikan tinggi berkelas dunia bukan sekadar gelar melainkan budaya akademik, budaya kerja, dan kepemimpinan yang berkualitas.



Oleh sebab itu, ia menegaskan bahwa untuk menyiapkan kampus berkelas dunia memerlukan komitmen, keberanian, dan transformasi sehingga aspek akademik, budaya kerja, dan kepemimpinan bisa berkualitas.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun telah mendorong transformasi perguruan tinggi melalui pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nadiem: Kampus Merdeka strategi tingkatkan daya saing perguruan tinggi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024