Presiden: Meski terdampak El Nino, produksi pangan masih baik

id Jokowi,panen padi Indramayu

Presiden: Meski terdampak El Nino, produksi pangan masih baik

Presiden RI Joko Widodo. ANTARA/tangkap layar akun YouTube Sekretariat Presiden RI/Yashinta Difa

Indramayu (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan produksi pangan nasional hingga saat ini masih baik meski cuaca El Nino telah memicu kekeringan dan menurunkan kapasitas produksi.

"Saya melihat ke bawah itu untuk memastikan bahwa produksi itu masih baik, tetapi memang turun karena super El-Nino," kata Jokowi saat meninjau panen di Indramayu, Jawa Barat, Jumat.

Jokowi mengatakan bahwa produksi padi secara nasional masih dalam kategori baik meskipun terjadi penurunan karena El Nino.

Meski demikian, kata Jokowi, dampak El Nino tidak perlu dipersepsikan bisa menimbulkan kengerian bagi ketahanan pangan Indonesia karena produksi pangan masih terus terjadi.

"Jangan nanti kita terkondisikan 'wah keliatan ngeri sekali', enggak. Produksi masih baik, tetapi memang terganggu sedikit oleh super El-Nino," ujarnya.

Di Indramayu, kata Jokowi, produksi panen masih baik karena irigasi yang berjalan optimal. Dari 1 hektare lahan pertanian, dapat menghasilkan 8—9 ton gabah atau rata-rata 8,6 ton per hektare.

"harga gabahnya sekarang senang semua petani, Rp7.300, Rp7.400, Rp7.200 (per kilogram), semua petani senang, tetapi ada yang enggak senang, konsumennya," kata Jokowi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: Produksi pangan masih baik meski terdampak El Nino

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024