Israel tolak bantuan Mesir masuk Jalur Gaza

id mesir,jalur gaza,perlintasan rafah,bantuan

Israel tolak bantuan Mesir masuk  Jalur Gaza

Sejumlah warga mengangkut para korban dari sebuah gedung yang hancur akibat serangan Israel di Kota Rafah di Jalur Gaza bagian selatan pada 17 Oktober 2023. ANTARA/Khaled Omar/Xinhua/tm

Kairo (ANTARA) - Mesir pada Jumat mengatakan bahwa perbatasan Rafah dengan Gaza telah dibuka di sisinya, dan menuduh Israel "menolak" masuknya bantuan ke wilayah kantong yang telah dikepung tersebut.

Mesir secara nyata menjadi target media Barat, yang mempromosikan "skenario pengungsian" bagi warga Palestina dan menganggap Kairo bertanggung jawab atas penutupan penyeberangan tersebut meskipun ada "serangan yang ditargetkan dan penolakan masuknya bantuan" oleh Israel," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Ahmed Abu Zeid pada X.

Media Barat juga menyindir Mesir bertanggung jawab atas "menghalangi warga negara ketiga" untuk keluar dari Gaza, kata dia.

Jubir kementerian itu menekankan bahwa perlintasan Rafah "terbuka dan Mesir tidak bertanggung jawab dalam menghalangi warga negara ketiga untuk keluar.

Ratusan warga Amerika Serikat terlunta-lunta di Gaza menunggu dibukanya perlintasan Rafah untuk evakuasi, dimana The New York Times memperkirakan jumlah mereka antara 500-600 jiwa.

Perlintasan Rafah adalah satu-satunya terminal antara Jalur Gaza dan Mesir.

Konflik di Gaza, di bawah bombardir dan blokade Israel sejak 7 Oktober, dimulai ketika Hamas memulai Operasi Badai Al-Aqsa, sebuah serangan dari segala penjuru termasuk rentetan tembakan roket dan penyusupan ke Israel melalui darat, laut dan udara.
Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mesir buka perbatasan Rafah, Israel menolak bantuan masuk
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024