KPU Gunungkidul menyiapkan tiga gudang logistik Pemilu 2024

id Gunungkidul,Pemilu 2024,KPU Gunungkidu

KPU Gunungkidul menyiapkan tiga gudang logistik Pemilu 2024

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan tiga gudang untuk menyimpan logistik Pemilu 2024 yang berada di lingkungan kantor KPU tersebut.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak tiga gudang yang akan dijadikan tempat penyimpanan logistik pemilu. Ketiga gudang tersebut berada di kantor KPU," kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani di Gunungkidul, Minggu.

Ia mengatakan logistik Pemilu 2024 mulai datang pada awal November 2023 ini. Logistik datang secara bertahap, sehingga gudang harus disediakan terlebih dahulu.

Tiga gudang penyimpan logistik ini, lanjut Hani, akan menampung kebutuhan logistik dari 2.709 TPS yang tersebar di wilayah ini. Di mana, setiap TPS membutuhkan lima kotak suara, empat bilik, dan perlengkapan pemilu lainnya.

"Sedangkan, untuk jumlah surat suara akan disiapkan setelah adanya penetapan Daftar Calon Tetap (DCT)," katanya.

Selain mempersiapkan gudang logistik, pihaknya juga tengah melakukan pemetaan rute pendistribusian logistik.

Adapun daerah yang menjadi prioritas distribusi logistik dengan letak geografis dan keterjangkauan, yakni Gedangsari, Saptosari dan Panggan. Wilayah ini jaraknya jauh dan wilayahnya terjal.

"Jadi, tetap ada mekanismenya dan dilakukan bertahap. Terutama, mempersiapkan rute logistik, ada lima dapil nanti akan diprioritaskan ke lokasi yang tersulit dijangkau terlebih dulu," katanya.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Gunungkidul menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 613.155 pemilih tersebar di 18 kecamatan/kapanewon. Dengan pemilih laki-laki sebanyak 299.650 pemilih dan perempuan 313.505 pemilih.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU Gunungkidul siapkan tiga gudang logistik Pemilu 2024