Puan tegaskan Presiden Jokowi tak pernah minta perpanjangan jabatan

id Puan Maharani,Jokowi,tiga periode

Puan tegaskan Presiden Jokowi tak pernah minta perpanjangan jabatan

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani usai rapat koalisi di Jakarta, Rabu (25/10/2023). ANTARA/Mario Sofia Nasution

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memastikan Presiden RI Joko Widodo tidak pernah meminta perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Enggak, enggak pernah. Setahu saya enggak pernah beliau meminta untuk perpanjangan tiga periode," kata Puan Maharani di Jakarta, Rabu

Sesuai dengan konstitusi, kata Puan, presiden memegang jabatan selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

"Jika kemudian ada perpanjangan masa jabatan itu, mekanismenya dari mana? Kemudian seperti apa?" kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini melanjutkan, "Waktu itu 'kan tidak ada mekanisme yang memungkinkan untuk melakukan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode."

Puan juga membantah adanya video viral presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengempaskan tangannya kepada Presiden Jokowi.

"Mengempaskan tangan 'kan karena itu 'kan yang turun tangga itu 'kan? Turun tangga itu sudah pegangan sama Mas Ganjar, kemudian enggak lihat. Namanya turun fokus pada tangga, jadi enggak ada saling empas," kata dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puan pastikan Presiden Jokowi tidak pernah minta perpanjangan jabatan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024