Material selulosa untuk agroindustri diteliti IPB

id Bogor, tekstil, kapas, selulosa, IPB

Material selulosa untuk agroindustri diteliti IPB

Logo Institut Pertanian Bogor (IPB). (Humas IPB)

Kota Bogor (ANTARA) - Institut Pertanian Bogor (IPB) University meneliti material selulosa seperti kapas untuk bahan dasar tekstil dan kertas linier untuk kemasan serta nonselulosa untuk kemasan aktif berpotensi besar dalam pengembangan agroindustri berkelanjutan. 

Pakar teknologi industri IPB University, Profesor Farah Fahma di Kota Bogor, Senin, menerangkan bahwa dari dua jenis material tersebut, kapas merupakan bahan yang banyak diimpor karena kekurangan bahan baku.

"Salah satu potensi besar yang dapat dimanfaatkan dalam mendukung agroindustri berkelanjutan adalah pengembangan material berbasis selulosa dan nanoselulosa," kata Farah Fahma.

Farah menjelaskan selulosa merupakan komponen utama dinding sel tanaman bersama hemiselulosa dan lignin dan merupakan homopolimer linier, terdiri dari unit anhidro--glukosa yang dihubungkan oleh ikatan β-1,4 dengan unit berulang selobiosa. 

Unit anhidroglukosa terdiri dari tiga gugus hidroksil yang membentuk ikatan hidrogen antar- dan intramolekul yang kuat. Selulosa dapat disolasi dari berbagai sumber, seperti tumbuhan, kayu, bakteri, tunicate, dan lain-lain. 

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024