BCA tingkatkan literasi kepada generasi muda

id bca,literasi

BCA tingkatkan literasi kepada generasi muda

Program Semarak Literasi Bakti BCA (ANTARA/HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meningkatkan pemahaman literasi kepada generasi muda Indonesia melalui program Semarak Literasi Bakti BCA, yang merupakan ajang bagi generasi muda dan para pendidik untuk lebih mengenal dan memahami literasi membaca secara lebih menyenangkan.

Kehadiran program Semarak Literasi Bakti BCA juga bertujuan untuk merayakan Bulan Bahasa yang dirayakan setiap bulan Oktober.

BCA menggelar rangkaian kegiatan Semarak Literasi Bakti BCA dengan acara puncak dilaksanakan pada Sabtu (4/11) di Taman Budaya Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (4/11). Acara diikuti oleh lebih dari 400 siswa, guru, kepala sekolah, hingga pegiat literasi.

Sebelumnya, rangkaian program Semarak Literasi oleh Bakti BCA ini dibuka secara resmi di SMAN 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul, dengan menyelenggarakan Workshop Literasi Siswa dan Guru, dilanjutkan dengan Kompetisi Literasi, serta diakhiri dengan Acara Puncak Semarak Literasi.

Membawa semangat #GenerasiPastiBisa dan dengan target sebanyak 1.500 peserta, Semarak Literasi telah dilaksanakan di beberapa wilayah lainnya seperti DKI Jakarta, Serang, Yogyakarta, dan Lampung.

Saat ini, kegiatan juga sedang berjalan di Jayapura, di mana dalam kegiatan ini BCA juga membagikan bantuan buku bacaan untuk mendukung kecakapan literasi generasi muda.

Dalam kesempatan terpisah, VP Corporate Social Responsibility BCA Krisbiakto Cahyo Adi mengatakan BCA berkomitmen untuk mendukung generasi muda dalam meningkatkan kapabilitas mereka, termasuk dalam peningkatan literasi.

"Sebagaimana kita ketahui, literasi dan sastra sangat penting bagi siswa dan generasi muda. Di penghujung Bulan Bahasa, kami harap program Semarak Literasi dapat memberikan dampak positif dalam mendukung pendidikan berkualitas dan meningkatkan kecakapan literasi siswa di Indonesia, sekaligus melestarikan sastra Indonesia," katanya.

Dalam pelaksanaannya di beberapa wilayah di Indonesia, inisiatif ini tidak hanya berkontribusi untuk pendidikan yang berkualitas, namun juga sebagai jembatan yang menghubungkan semua pihak dalam upaya bersama meningkatkan kecintaan dan menumbuhkan minat generasi muda untuk berkarya dan berkontribusi bagi perkembangan literasi di Indonesia, yang diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Semarak Literasi merupakan salah satu bentuk kontribusi BCA dalam membangun ekosistem pendidikan yang lebih berkualitas, serta membuka peluang kepada generasi muda untuk mencapai potensi sepenuhnya.

BCA menggandeng berbagai pihak seperti pemerintah, institusi pendidikan serta pegiat literasi di masing-masing daerah untuk memaksimalkan dampak yang dapat diberikan melalui perhelatan ini.

"Kami harap Semarak Literasi dapat menjadi ajang prima bagi siswa meningkatkan kualitas pembelajaran dan literasi di Indonesia serta kami lanjutkan komitmen ini untuk ke depannya," tutur Krisbiakto.

Hadir dalam kegiatan ini Bunda Literasi Kabupaten Gunungkidul Diah Purwanti Sunaryanta, Perwakilan Kepala Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul Sri Wahyuni Dwiyanti, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Gunungkidul Chairul Agus Mantara, Perwakilan Kepala Balai Bahasa DIY Linda Chandra Ariyani, Perwakilan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul Arif Yahya, dan Kepala KCP BCA Wonosari Sani Banyuningrum.