Total aset LPS capai Rp210 triliun

id LPS,Bank,OJK,Asuransi,PNBP,aset lps

Total aset LPS capai Rp210 triliun

Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS Suwandi dalam Media Workshop, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). ANTARA/Bayu Saputra

Bandung (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatatkan total aset yang menembus Rp210 triliun, menurut Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS Suwandi, angka ini mengalami pertumbuhan 12,25 persen dibandingkan tahun 2022 tercatat sebesar Rp187,09 triliun.

"Total uang kita Rp210 triliun, dengan modal awal Rp4 triliun, kemudian asetnya sekitar Rp195 triliun," kata Suwandi dalam Media Workshop, di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Suwandi menjelaskan, aset milik LPS dapat disumbangkan ke dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), namun dengan syarat bahwa aset tersebut setara dengan 2,5 persen total simpanan seluruh industri perbankan.

"Misalnya aset Rp10 ribu triliun, berarti harus ada Rp250 triliun. Cadangan penjaminan kita sudah sampai di sana atau belum, bila sudah pendapatan surplus yang dihasilkan oleh LPS dialokasikan untuk pencadangan jaminan, nanti disetorkan kepada negara Penerimaan Negara Bukan Pajak," kata Suwandi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LPS catatkan total aset menembus Rp210 triliun