BCA dampingi Wastraloka ekspor perdana ke Tiongkok

id bca,umkm

BCA dampingi Wastraloka ekspor perdana ke Tiongkok

BCA memberikan pendampingan kepada Wastraloka untuk melakukan ekspor perdananya ke Tiongkok. (ANTARA/HO-BCA)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali membuktikan konsistensinya dalam memberdayakan UMKM Indonesia, setelah berhasil mendampingi salah satu merchant binaan BCA Bangga Lokal, PT Wastraloka Indo Kreasi (Wastraloka), saat melakukan ekspor perdana ke Tiongkok, Jumat (24/11).

Aksi tersebut merupakan bentuk dukungan BCA terhadap program pemerintah untuk meningkatkan partisipasi UMKM dalam rantai pasok global. Wastraloka berhasil melakukan ekspor dengan menjual deretan produk unggulannya senilai Rp110 juta kepada diaspora Indonesia di Tiongkok bernama Warisan Roemah Indonesia (WRI).

Adapun, WRI merupakan sebuah hub yang digagas oleh diaspora Indonesia bersama KBRI Beijing dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing untuk mempromosikan UMKM Indonesia di Tiongkok.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn menyatakan, BCA senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Indonesia mengupayakan UMKM Indonesia untuk bisa naik kelas dan berdaya saing.

"Tidak hanya menghadirkan program pembinaan dan mempermudah akses pembiayaan, kami juga terus memastikan UMKM binaan BCA memiliki koneksi yang kuat atas pasar domestik dan global," ujarnya.

"Kami senang bisa menjadi bagian dari awal perjalanan Wastraloka mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Momen ini semakin memotivasi BCA untuk menciptakan lebih banyak eksportir baru yang tangguh dan unggul dari UMKM binaan kami," kata Hera.

Ia mengatakan ekspor perdana Wastraloka ke Tiongkok diharapkan menjadi pemantik keberanian UMKM Indonesia lainnya untuk mengeksplorasi peluang ekspor dan memperluas jangkauan pasar mereka.

"Sebagai perbankan yang memahami pentingnya peran UMKM bagi kemajuan perekonomian Indonesia, kami akan terus memberikan dukungan yang dibutuhkan bagi UMKM untuk memastikan kesuksesan ekspansi bisnis mereka," tutur Hera.

UMKM yang bergerak di bidang bisnis hadiah dan dekorasi rumah dari material daur ulang ini, dinilai telah memenuhi ragam kriteria dan standar kualitas untuk melakukan ekspor bersama BCA. Capaian ini diperoleh berkat inovasi produknya yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, serta pencapaian positif Wastraloka dalam rangkaian program UMKM Binaan BCA Go Export 2023.

Tak hanya itu, inisiatif Wastraloka dalam memberdayakan seniman lokal juga memberikan nilai tambah terhadap produk- produknya.

Pemilik Wastraloka Eni Anjayani menyampaikan apresiasi mendalam terhadap pendampingan berkelanjutan oleh BCA, sehingga usahanya berhasil melakukan ekspor untuk pertama kalinya.

"Ekspor perdana kami tentu tidak akan berjalan sukses tanpa pendampingan berkelanjutan dari BCA. Melalui program UMKM Binaan BCA Go Export 2023, kami mendapatkan berbagai pengalaman dan manfaat berharga, yang dapat membantu mengembangkan produk dengan daya saing tinggi," katanya.

Lebih penting lagi, BCA telah menghubungkan Wastraloka dengan banyak mitra potensial melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan dan disponsori BCA seperti expo, pameran, dan business matching. Berkat ajakan BCA untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia 2023, Wastraloka bisa mewujudkan mimpinya untuk memperkenalkan ragam wastra Indonesia ke luar negeri.