16 kepala sekolah diangkat dari Program Guru Penggerak

id Guru Penggerak,pemkot surabaya,kemendikbudristek,kebutuhan guru penggerak,program guru penggerak,dinas pendidikan suraba

16 kepala sekolah diangkat dari Program Guru Penggerak

Para siswa mengikuti proses pembelajaran di SDN Sulung, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Surabaya (ANTARA) - Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tri Endang menyatakan pihaknya telah mengangkat 16 orang dari Program Guru Penggerak menjadi kepala sekolah dan dua orang dari program yang sama bekerja di Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

“Semuanya 18 orang yaitu 16 menjadi kepala sekolah dan dua di dinas. Sekarang kami sedang menyeleksi 74 orang lulusan Guru Penggerak untuk menjadi kepala sekolah,” katanya dalam tur media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama enam bulan bagi calon Guru Penggerak.

Endang menuturkan sejauh ini terdapat 600 orang guru yang telah mengikuti Program Guru Penggerak baik dari sekolah negeri maupun swasta.



Ia menjelaskan para guru yang mengikuti Program Guru Penggerak akan mendapat pendidikan dan pelatihan (diklat) tambahan terkait manajerial yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk memperkuat aspek manajerialnya.

Bahkan Dinas Pendidikan Kota Surabaya juga meminta para kepala sekolah untuk memberi tugas tambahan kepada guru yang merupakan Guru Penggerak, seperti menjadi wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, dan sebagainya.

Langkah itu dinilai tepat oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk melatih kemampuan para Guru Penggerak dalam mengetahui dan mengatasi beragam permasalahan yang kompleks di dalam sekolah, sebelum mereka menjadi kepala sekolah

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Surabaya angkat 16 kepala sekolah dari Program Guru Penggerak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024