Gempa M5,6 guncang wilayah Laut Banda, tak berpotensi tsunami

id BMKG ,Gempa Laut Banda ,Tidak berpotensi tsunami ,Lempeng Banda

Gempa M5,6 guncang wilayah Laut Banda, tak berpotensi tsunami

Peta pusat gempa dengan kekuatan magnitudo 5,3 di wilayah Laut Banda, Maluku Tengah, Maluku, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Laut Banda, Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 141 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam slab Lempeng Banda," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust-fault).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ia mengemukakan gempa yang terjadi pada pukul 07.43 WIB itu terletak pada koordinat 7,07 lintang selatan dan 129,94 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 181 Km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku.

Ia mengemukakan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di Saumlaki dengan skala intensitas II MMI (modified mercally intensity), artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa M5,6 guncang wilayah Laut Banda, tidak berpotensi tsunami