Rupiah ditutup melemah menjadi Rp15.526 per dolar AS

id Rupiah melemah,Cadangan devisa Indonesia,Cadangan devisa

Rupiah ditutup melemah menjadi Rp15.526 per dolar AS

Ilustrasi petugas menunjukan uang pecahan rupiah dan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/pri.)

Jakarta (ANTARA) -
Rupiah di akhir pekan kedua 2024 ditutup melemah menjadi Rp15.526 per dolar AS, di tengah meningkatnya cadangan devisa Indonesia pada Desember 2023.
 
"Dari dalam negeri, kami lihat kondisi ekonomi masih cukup baik, meski ada kecenderungan melambat," kata Ekonom Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto kepada ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Bank Indonesia mengumumkan cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2023 tercatat sebesar 146,4 miliar dolar AS, naik dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2023 sebesar 138,1 miliar dolar AS.
 
Kenaikan posisi cadangan devisa itu antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa, serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.
 
Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rupiah ditutup melemah di tengah naiknya cadangan devisa Indonesia
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024