Pemerintah rekrut 2,3 juta ASN talenta digital

id KemenPAN-RB,ASN,PNS,CPNS

Pemerintah rekrut 2,3 juta ASN talenta digital

Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini (kiri) dan Direktur Utama PT Taspen ANS Kosasih (kanan) saat menjawab pertanyaan awak media di Jakarta, Selasa (16/1/2024) (ANTARA/Bayu Saputra)

Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan bahwa rekrutmen 2,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 2024 difokuskan untuk mencari para talenta digital guna menunjang proses digitalisasi birokrasi yang tengah dilakukan pemerintah saat ini.

"Jadi sekarang tentu saja kami ingin mendapatkan talenta-talenta digital ya. Jadi dari 2,3 (juta formasi) ASN yang telah diumumkan oleh Bapak Presiden itu," kata Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mewakili Menteri PANRB di sela acara Taspen Day dengna tema 'Muda Berkarya Tua Bahagia Bersama Taspen' di Jakarta, Selasa.

Secara rinci, tahun ini pemerintah membuka lowongan untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 2.302.543 formasi. Total kuota tersebut meliputi penerimaan di instansi pusat sebanyak 420.183 formasi, sekolah kedinasan 6.027 formasi, serta penerimaan di instansi daerah 1.867.333 formasi.



Dalam sambutannya, Rini mengatakan bahwa rekrutmen ASN 2024 juga diarahkan untuk menunjang keberlanjutan reformasi birokrasi pemerintah. Dengan banyaknya talenta digital yang bekerja di instansi pemerintah, diharapkan mampu menjawab beberapa tantangan ketenagakerjaan karena adanya revolusi industri 4.0 saat ini.

Rini menyampaikan instansi-instansi pemerintah akan didominasi oleh generasi muda. Untuk itu, ada ada beberapa kemampuan (skill) yang harus dimiliki. Yang pertama adalah kemampuan untuk berpikir kreatif, termasuk mengonsep ide, mempunyai kemampuan desain dan visual


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KemenPAN-RB: Rekrutmen 2,3 juta ASN fokus pada talenta digital