Rumah warga rusak dan tutup akses jalan akibat longsor

id Bencana Tanah Longsor ,Kabupaten Sukabumi,BPBD Kabupaten Sukabumi ,Hujan Deras,Hujan,Jalan,Longsor,Sukabumi,Jabar,Jawa B

Rumah warga rusak dan tutup akses jalan akibat longsor

Personel Babinsa Bojonggaling saat meninjau rumah yang rusak akibat diterjang tanah longsor di Kampung Keboncau, RT-002/013, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Senin (22/1/2024). ANTARA/Adirtya Rohman.

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menyebutkan sejumlah rumah rusak dan akses jalan tertutup akibat bencana tanah longsor yang dipicu hujan deras disertai angin kencang pada Senin (22/1).

"Tidak ada korban jiwa maupun luka pada kejadian bencana tanah longsor yang tersebar di sejumlah kecamatan pada Senin ini, hanya ada warga yang mengungsi akibat rumahnya rusak berat dan tidak bisa dihuni kembali," kata Humas BPBD Kabupaten Sukabumi Sandar Fitria di Sukabumi, Senin.

Data dari BPBD setempat menyebutkan, bencana tanah longsor ini terjadi di Kampung Nugraha, RT-09/08, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu. Bencana itu terjadi dipicu oleh hujan deras sehingga tembok penahan tanah (TPT) longsor mengakibatkan ruang gedung majelis taklim mengalami retak-retak.

Kemudian longsor di ruas Jalan Bagbagan-Cibuntu di Kampung Tanjakan Dahu RT-011/012, Desa Cibuntu Kecamatan Simpenan. Kejadian ini dipicu hujan deras disertai angin kencang yang turun dalam beberapa hari terakhir, sehingga membuat kontur tebing setinggi empat meter dengan lebar enam meter yang berada di pinggir jalan tersebut meniadi labil dan akhirnya longsor.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024