Ganjar minta perangkat negara harus hadir atasi masalah PMI

id Debat Kelima Pilpres,Debat Pilpres 2024,Debat Ketiga Capres,Pemilu 2024,Pilpres 2024,Capres Ganjar Pranowo,Pekerja Migra

Ganjar minta perangkat negara harus hadir atasi masalah PMI

Capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD, berpose usai tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat itu bertema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. ANTARA FOTO/Aditya P Putra

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan, negara harus hadir dengan segala perangkatnya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pekerja migran Indonesia (PMI).

Ia menjabarkan perangkat-perangkat tersebut adalah duta besar Indonesia di luar negeri, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Kementerian Ketenagakerjaan, hingga pemerintah daerah, yang menurut dia harus bisa menempuh berbagai langkah guna mencegah munculnya masalah saat PMI bekerja di negeri orang.



"Satu, mulai mereka berangkat, legalitasnya harus beres. Mulai mereka berangkat, kita harus sudah tahu skillnya apa. Mulai mereka berangkat, apa yang ada di kontrak kerja, harus kita pastikan. Ada lembaga yang harus melakukan kontrol," kata dia dalam debat kelima Pemilu 2024, Jakarta, Minggu.

Ia mencontohkan pengalamannya yang pernah membebaskan beberapa pekerja yang bermasalah di Arab Saudi, Sudan, dan Kamboja yang terindikasi perdagangan orang.

Ganjar yang semasa itu menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah menelepon menteri luar negeri dan duta besar untuk mendiskusikan penyelesaian masalah.

Terakhir, ia menekankan pentingnya penggunaan media sosial oleh para pejabat terkait untuk memudahkan masyarakat, utamanya PMI, mengadukan masalah secara cepat


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar: Seluruh perangkat negara harus hadir atasi masalah PMI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024