BRIN sebut Pemilu 2024 dongkrak transaksi riil 5 persen

id brin, transaksi retail, pemilu 2024,peningkatan ekonomi

BRIN sebut Pemilu 2024 dongkrak transaksi riil 5 persen

Ketua Kelompok Riset Knowledge Based Economy Pusat Riset Ekonomi Makro dan Keuangan BRIN Bahtiar Rifai (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Peneliti ekonomi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan pesta demokrasi Pemilu 2024 bisa meningkatkan transaksi di sektor ritel (riil) hingga 5 persen.

"Prediksinya sekitar 4-5 persen sampai dengan hari pencoblosan, dan peningkatan tersebut terjadi terutama di sektor-sektor yang berhubungan langsung dengan pemilu," kata Ketua Kelompok Riset Knowledge Based Economy Pusat Riset Ekonomi Makro dan Keuangan BRIN Bahtiar Rifai saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Proyeksi tersebut didapatkannya melihat dari rekam jejak empat pemilu sebelumnya yakni pada tahun 2004, 2009, 2014, serta 2019 yang memperlihatkan bahwa kondisi transaksi di sektor riil mengalami pelambatan pada masa sebelum pemilu, namun dua bulan menjelang pemungutan suara, kegiatan transaksi sektor ritel terus mengalami peningkatan.

Bahtiar menyampaikan sektor yang mengalami kenaikan secara langsung karena pemilu antara lain yakni sektor-sektor yang menunjang kegiatan kampanye dari para paslon maupun caleg di setiap daerah. Seperti industri makanan, logistik, konveksi, percetakan dan transportasi.

Selain itu ia juga menilai peningkatan proyeksi transaksi tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah sebanyak 57,3 persen dibandingkan pemilu sebelumnya.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ekonom BRIN: Pemilu 2024 tingkatkan transaksi sektor riil 5 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024